Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Beda bahan baku, beda cara rawatnya. Panci dan wajan bisa terbuat dari stainless steel atau antilengket. Rawatlah panci dan wajan Anda dengan benar agar tahan lebih lama dan bisa digunakan setiap kali dibutuhkan. Berikut cara rawatnya.

Aturan Umum
Ketika menggunakan panci dan wajan (dari bahan apa pun), pastikan api yang digunakan cukup rendah untuk mencegah api kencang yang menjilat kuat merusak sisi-sisi panci dan wajan. Jika resep masakan yang Anda ingin buat membutuhkan panas api cukup tinggi, pastikan luas penampang bagian bawah panci dan wajan cukup besar untuk menahan api yang besar.

Jangan biarkan panci dan wajan dalam keadaan kotor semalaman. Setiap kali usai digunakan, tunggulah hingga dingin, lalu cuci bagian dalam dan luarnya. Upayakan untuk menyimpan panci dan wajan dalam keadaan digantung, jangan ditumpuk-tumpuk, karena akan menambah risiko kerusakan (tergesek atau tergores).

Stainless Steel
Amat tidak sedap dipandang dan sakit rasanya melihat barang-barang memasak yang mahal dan bagus tergores. Mungkin seperti itu rasa yang dirasa suami ketika mendapati mobilnya tergores. Untuk menghindari hal ini jangan gunakan pembersih yang sifatnya abrasif seperti abu gosok atau alat pencuci yang terbuat dari kawat besi. Coba gunakan net dari nylon dan pembersih yang lembut.

Jika Anda berhadapan dengan kotoran yang amat sulit dibersihkan, seperti makanan gosong, coba rendam panci atau wajan dengan air sabun yang hangat selama sejam, kemudian rebus air menggunakan panci tersebut selama 15 menit. Setelah airnya dingin, gunakan sabut dari nylon untuk mengangkat residunya. Ulangi jika diperlukan.

Antilengket
Panci atau wajan antilengket adalah alat yang sangat menyenangkan untuk digunakan memasak. Namun, alat ini juga cukup rentang kerusakan. Untuk melindungi panci atau wajan antilengket ini, upayakan untuk tidak menggunakan alat masak yang terbuat dari logam, hanya gunakan yang terbuat dari kayu, silikon, karet, atau plastik. Untuk memperlama usia kegunaan alat masak ini, Anda bisa oleskan minyak sayur tipis-tipis setiap kali usai dicuci. Jika panci atau wajan Anda terkena noda, rebuslah satu cangkir air bersama 1,5 cangkir cairan pemutih, dan dua sendok makan baking soda selama 5 menit sebelum dicuci.

Sumber: Divine Caroline, Editor: Nadia Felicia, kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Tips Menjaga Kesetiaan
  2. All About Cleansing Face
  3. Obati dengan Lemon
  4. Jaga Kesehatan dengan Makan Ikan
  5. Hand Job….Ups !
  6. Inilah 4 Langkah Mudah Mengenali ‘Daging Oplosan’
  7. Penetrasi Total Posisi Cicak
  8. Cara Gampang Perbaiki Kualitas Sperma
  9. Kulit Halus dengan Peeling, part 2
  10. Kacang-kacangan Perlambat Penuaan