Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Kelapa Muda Tetap Awet
Terkadang, kelapa muda yang kita pakai masih ada sisanya. Padahal, sudah telanjur dikeruk. Supaya awet, didihkan air kelapa, lalu masukkan kelapa yang sudah dikeruk, rebus sebentar. Matikan api. Setelah dingin, masukkan ke dalam lemari es. Dijamin, kelapa muda keruk tahan lama dan tidak basi.

Erwin Kuditawati

Saus Madu Buatan Sendiri
Bosan dengan saus salad yang itu-itu saja? Cobalah membuat saus salad dari madu. Komposisi campurannya, 3 sendok makan cider vinegar, 1,5 sendok makan madu, 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk kasar (bila suka), sedikit garam.

Bila ingin lebih, kalikan dua atau tiga untuk setiap bahan. Saus ini bisa dicampur dengan bahan salad, seperti buah-buahan, daun lettuce, irisan wortel, jagung manis, dan bahan lain yang Anda sukai. Cider vinegar bisa diganti dengan perasan jeruk limau.

Rasa segar vinegar atau jeruk akan bercampur dengan rasa manis alami madu, dan kalorinya lebih rendah dari salad dreesing berbahan mayonaise.

Erika

Tips Hemat Minyak Goreng
1. Gunakan minyak goreng yang baru untuk menggoreng bawang, kerupuk, atau kacang. Setelah selesai menggoreng, saring minyak yang masih berwarna kuning ini, lalu masukkan ke dalam wadah bersih.

Sisa minyak tadi dapat digunakan kembali di hari yang sama untuk menumis sayuran, bumbu masak, atau menggoreng tahu, tempe, dan gorengan lainnya. Seusai digunakan, saring lagi dan masukkan ke wadah bersih.

Jika masih ada daging ayam atau ikan yang akan digoreng saat itu juga, gunakan saja sisa minyak tadi untuk menggoreng. Nah, sisa minyak dari menggoreng ikan atau ayam warnanya akan menjadi kehitaman dan agak mengental. Sebaiknya, minyak goreng ini dibuang dan jangan digunakan lagi.

2. Sementara itu, minyak yang sudah digunakan untuk menggoreng kue donat atau kembang goyang baunya akan wangi. Sebaiknya, masukkan sisa minyak ke dalam wadah bersih dan gunakan untuk menggoreng pisang atau snack-snack manis lainnya.

Erwin Kuditawati

Ayam Tak Lagi Lengket
Jika membeli ayam potong di supermarket, Anda tentu menyimpan sisanya di lemari pendingin. Sayangnya, saat akan dimasak, dada ayam yang berjumlah lebih dari satu itu saling berdempetan dan sulit dilepaskan. Jika dipaksa, bisa jadi terlepas, tapi dagingnya jadi robek dan tidak bagus lagi penampilannya. Salah satu cara dengan merendamnya di mangkuk berisi air panas. Sayangnya, malah membuang waktu.

Untuk mengatasi hal tersebut, sesaat sebelum disimpan dalam kulkas, masukkan 2-3 dada ayam tersebut dalam kantung plastik. Jangan ditumpuk, biarkan berjajar lalu lipat bersama plastiknya. Sebelumnya, lepaskan udara dalam kantung sebanyak mungkin.

Syahrindra Sofyan

Tips Kentang Panggang Renyah
Kentang akan terasa lebih nikmat dan kulitnya terasa renyah, jika sebelum dimasukkan ke dalam oven ditusuk-tusuk dulu dengan garpu, lalu teteskan minyak zaitun, dan “gosok” kulitnya yang sudah bersih dengan garam kasar.

Garam tidak akan larut, mengkristal, dan menyerap air. Sehingga, garam tidak menguap, melainkan tetap berada pada kulit kentang dan menjamin kulit menjadi sangat renyah setelah dimasak di dalam oven.

Sukses Membuat Karamel
Cara #1
Gula pasir ditaburkan merata di wajan. Panaskan gula dengan api kecil. Jangan diaduk. Goyangkan wajan ketika gula mulai mencair, agar panasnya merata. Setelah cair semua, besarkan api sedikit, aduk dengan sendok kayu hingga warnanya rata.

Cara #2
Siapkan gula pasir di wajan, tambahkan air sedikit. Panaskan di atas api kecil tanpa diaduk. Goyangkan wajan sesekali untuk meratakan gula yang belum mencair. Untuk mencegah terjadinya kristal, tambah sedikit perasan air jeruk. Besarkan api bila sudah mencair semua, sampai mencapai warna yang diinginkan.

Memanaskan Steak Setengah Matang
Ingin menyimpan steak atau daging panggang setengah matang kesukaan Anda? Bisa saja dilakukan. Namun repotnya, saat hendak memakannya keeseokan hari, bila dipanaskan di oven akan menjadikannya matang. Padahal, Anda suka setengah matang.

Ada cara jitu untuk tetap memanaskan steak setengah matang. Yaitu masukkan steak tersebut dalam kantung plastik, bungkus erat hingga tidak ada rongga udara. Setelah itu rendam bungkusan di dalam mangkuk berisi air panas.

Air akan cukup panas untuk menghangatkan daging, tapi tidak cukup panas untuk mematangkannya. Namun, paling enak memang steak disantap saat baru dihidangkan, masih fresh dan panas.

Erika

Membuat Jagung Lebih Manis

  • Jagung akan lebih manis jika dikukus, bukan direbus. Sisakan daun pembungkusnya saat mengukus agar jagung lebih renyah dan manis.
  • Untuk jagung rebus rasa istimewa, olesi jagung kukus yang masih panas dengan butter atau mentega, lalu taburi dengan seledri cincang.

Crepes Jadi Lembut
Agar crepes yang Anda buat terasa lembut, gantilah air dalam resep dengan susu cair. Susu membuat crepes yang dihasilkan menjadi lembut, lentur, dan lezat. Jangan lupa bubuhi sedikit garam.

Erwin Kuditawati

Merawat Tabung Gas
Agar acara memasak Anda lebih nyaman tanpa rasa waswas tabung kompor gas Anda akan bocor, ikuti beberapa tips atau cara merawat gas berikut ini.

1. KONDISI
Pada saat membeli gas, pilihlah tabung yang kondisinya baik dan perhatikan tanggal kedaluwarsanya.
2. CEK SELANG
Untuk mencegah kebocoran, periksalah selang tabung gas, minimal sebulan sekali.
3. REGULATOR
Sebaiknya gunakan regulator yang ada meterannya agar memudahkan mengetahui berapa banyak gas yang tersisa.
4. CINCIN KARET
Ketika memasang regulator, perhatikan apakah ada suara mendesis atau tercium bau gas! Jika ya, segera lepaskan regulator dan cek cincin karet pada tutup gas.
5. STOK
Mintalah beberapa buah cincin karet sekaligus kepada penjual gas untuk stok. Karena, terkadang ada tabung gas yang tidak disertai cincin karet atau ukuran cincinnya tak sesuai sehingga gas mudah keluar atau bocor.
6. POSISI
Letakkan tabung gas pada posisi berdiri tegak agar regulator dapat mengunci dengan baik.

Erwin Kuditawati

sumber: kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Mengenali PMS, HIV dan AIDS
  2. More Sexy and Gorgeous
  3. Suplemen Untuk Mengatasi Stres
  4. Cegah & Usir Stretch Mark dengan Perawatan di Rumah
  5. Cegah Kanker Prostat dengan Kedelai
  6. 20 CaRa Berciuman PaLing TOP!
  7. Kanker Paru-Paru Berkaitan Dengan Genetika
  8. Mau Lebih Tinggi? Lakukan Latihan Berikut
  9. Kapan Antibiotik Digunakan?
  10. Tips Tangkal Bahaya Radiasi Ponsel