Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Setelah tiga bulan mengambil cuti melahirkan, kini sudah saatnya Anda kembali menjalani runititas sebagai karyawan di perusahaan tempat Anda bekerja. Namun, kekhawatiran meninggalkan si kecil yang baru berusia kurang dari empat bulan, pastinya menjadi ketakutan terbesar para ibu.

Mau tidak mau, pilihan untuk menitipkan bayi Anda kepada orangtua atau pengasuh menjadi pilihan akhir, meskipun ada beberapa perusahaan yang menyediakan penitipan anak, selama sang ibu bekerja, namun tetap saja keinginan untuk selalu bersama si kecil akan selalu ada.

Jika pada akhirnya, keputusan untuk menitipkan anak Anda berdua – selama Anda dan suami bekerja – telah Anda berdua putuskan, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mencari pengasuh untuk si kecil.

Meskipun di rumah Anda ada pembantu, tapi sebaiknya jangan bebankan tugas mengurus anak kepada pembantu yang bertugas mengurus rumah dan memasak. Karena, bisa dipastikan akan membuatnya kewalahan menjalani tugasnya. Dan bukan mustahil, bila tugas tambahan untuk mengurus si kecil menjadi tidak fokus dilakukan olehnya.

Sebaiknya carillah orang lain yang memang kompeten mengurus dan menjaga bayi, seperti pengasuh bayi. Namun, jika memang Anda kurang percaya dengan kinerja pengasuh, barangkali Anda bisa meminta bantuan orangtua, mertua atau keluarga Anda untuk menjaga si kecil selama Anda bekerja.

Kalaupun memang Anda tidak mau merepotkan keluarga, terpaksa, jalan satu-satunya adalah menyewa jasa pengasuh bayi. Berikut beberapa rekomendasi pengasuh yang mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk mempekerjakan pengasuh.

Childminders
Childminders atau pengasuh yang satu ini hampir sama dengan pembantu, namun mereka terlatih Mereka bisa dipekerjakan tidak hanya mengurus anak, tapi juga bisa ditugaskan untuk memasak atau berbelanja, dan biasanya childminder terdaftar dalam sebuah agensi pengasuh anak resmi.

Bagi Anda yang ingin menyewa jasa childminder, Anda harus datang terlebih dahulu ke agensi tempat mereka bernaung, dan melihat langsung calon pengasuh Anda. Selain itu, setelah mereka bekerja di rumah Anda, mereka masih tetap dipantau oleh agensi mereka, dengan mendatangi langsung kediaman Anda, untuk melihat seberapa baik kinerjanya.

Kelebihan lain dari Childminders adalah mereka bisa menjaga sampai tiga anak dibawah lima tahun. Jadi anak-anak dirumah, selain ada yang menjaga, mereka juga bisa diawasi oleh pengasuhnya.

Nanny
Hampir sama seperti childminder, nanny bertugas mengasuh anak, tapi tidak untuk melakukan tugas lainnya seperti memasak dan mengurus rumah. Nanny hanya fokus mengurus anak. Nanny direkrut secara lepas atau tidak bernaung dibawah agensi. Jadi Anda harus benar-benar mengetahui, detail identitasnya, berikut kualitas kerjanya.

Jam kerja nanny lebih lama daripada childminder, jadi setelah Anda tiba dirumah, Anda masih memiliki cukup waktu untuk beristirahat, sebelum mengurus sendiri buah hati Anda.

Au pair
Au pair hampir sama dengan childminder, tapi bedanya au pair tidak tergabung dalam agensi pengasuh anak. Au pair bisa dipekerjakan sebagai pengasuh sekaligus pembantu rumah tangga. Bayaran untuk au pair lebih murah daripada childminder dan nanny. Hanya saja au pair tidak memiliki pelatihan formal pengasuh, sebagaimana yang didapat childminder, jadi au pair tidak dapat dibebankan untuk mengurus lebih dari satu anak.

Day nursery
Jasa day nursery bisa jadi merupakan jasa pengasuhan anak yang paling unggul diantara tiga tipe pengasuh diatas. Day nursery bisa mengerjakan beberapa pekerjaan dan cukup kompeten mengajarkan anak-anak keterampilan melalui interaksi sosial.

Day nursery berada dalam sebuah wadah agensi resmi yang berpengalaman di bidangnya. Mereka biasanya sudah mendapatkan pelatihan dari lembaga tempatnya bernaung dan selepas mereka dipekerjakan oleh sebuah keluarga, pengawas dari lembaganya tetap melakukan pemantauan langsung.

Day nursery bisa dipekerjakan paruh waktu ataupun selama seharian penuh. Meskipun biaya perekrutannya mahal, tapi keuntungan lainnya, Anda tidak perlu khawatir bila tiba-tiba Anda sakit atau terpaksa harus meninggalkan si kecil beberapa hari kedepan karena tugas luar kota, karena day nursery bisa ditugaskan kapanpun.

Tips

  1. Lakukan riset kecil-kecilan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perekrutan pengasuh. Ini terkait dengan kejelasan identitas calon pengasuh Anda, yang akan berdampak pada kinerja dan kejujurannya.
  2. Mintalah saran kepada keluarga atau teman, mengenai agensi atau kenalan mereka, yang memiliki kompetensi dalam pekerjaan mengasuh anak, terutama bayi.
  3. Siapkan beberapa pertanyaan untuk mengetahui seberapa potensial calon pengasuh Anda. Dan tanyakan pula pengalaman kerjanya.
  4. Lakukan pemantauan terhadap kinerja pengasuh Anda, terhadap si kecil.

sumber: hanyawanita.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Pilih Normal atau Caesar ? Bayi Lahir Caesar Berisiko Tinggi Asma dan Alergi
  2. Inilah 8 Perubahan pada Perempuan Setelah Melahirkan
  3. 7 Obat yang Tabu Diberikan pada si Kecil
  4. Wow Bayi Ini Lahir dengan Rambut Luar Biasa Tebal
  5. Tips Melindungi Anak Dari Kejahatan Di Internet
  6. 13 Kematian Yang Berhubungan Dengan Alat Penggendong Bayi
  7. Lingkar Kepala Bayi Baru Lahir?
  8. Pengaruh Permainan Pada Perkembangan Anak
  9. Teman Imajiner Anak Anda, Normalkah?
  10. Kenapa Anak Anda Sering Sakit? Inilah Penyebabnya