Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Gaya meminta tolong yang bossy bikin orang yang dimintai tolong jadi malas menolong. Ikuti dong triknya agar permintaan tolong tidak ditolak mentah-mentah.

– Tahu Limit
Sebelum Anda meminta tolong pada seseorang, terlebih dulu Anda perlu tahu sejauh mana kapasitas orang yang dimintai tolong. Kalau kemampuannya tak sebanding dengan pekerjaan yang Anda inginkan, ya dia pasti akan langsung menolak.

– Lihat Sikon
Lihat-lihat dulu situasi dan kondisi orang tersebut. Jika dia sedang repot dan mukanya terlihat kusut, jangan memaksakan diri. Bukannya mendapat pertolongan, Anda malah kena semprot karena dianggap mengganggu. Tunggu sampai dia terlihat santai, atau wajahnya cerah, yang menandakan hatinya sedang gembira. Sesuaikan juga waktunya, tidak terlalu pagi atau terlalu malam, tidak di luar batas-batas waktu yang sopan, kecuali jika sangat penting dan mendesak. Kalau yang dimintai tolong teman sekantor, jangan minta tolong saat dia baru tiba atau sedang bersiap untuk pulang.

– Jelaskan Alasannya
Saat Anda meminta pertolongan, berikan alasan mengapa Anda membutuhkan bantuannya, seberapa penting permintaan tersebut dan seberapa mendesak sifatnya. Kalau penjelasan Anda bisa diterima, ia pasti tak tega menolak. Pasang wajah serius ketika Anda menjelaskan hal ini, biar lebih meyakinkan dan dia jadi tidak enak hati untuk menolak.

– Beri Iming-Iming
Memberi iming-iming sesuatu yang ia butuhkan agar ia mau membantu Anda bisa juga dilakukan. Iming-iming ini tak harus berupa hadiah, tapi dapat berupa bantuan. Misal akan membantunya di pekerjaan lain jika dia mau membantu Anda kali ini. Atau Anda bisa mengatakan akan menraktirnya makan siang di tempat yang dia inginkan.

– Berikan Pujian
Orang akan senang mendapat pujian dari orang lain. Kalau Anda ingin meminta bantuan, jangan asal todong. Ajak ngobrol dulu, selipkan pujian bahwa Anda mengagumi kepintaran dan penguasaannya akan pekerjaan tersebut. Setelah dia terlihat senang, barulah meminta tolong.

– Punya Alternatif
Jangan hanya meminta pertolongan hanya pada satu orang, karena risiko ditolak lebih besar. Untuk meminimalisir penolakan ada baiknya memiliki alternatif beberapa orang yang bisa dimintai tolong. Masak sih, dari lima orang yang Anda mintai tolong, tak satu pun yang mau membantu?

– Ringan Tangan
Sebelum minta bantuan orang lain, sebaiknya Anda juga ringan tangan, memberi bantuan pada orang lain. Kalau Anda sering membantu, mereka pasti tak enak hati menolak Anda. Sebaliknya, jika Anda tergolong pelit memberi bantuan, orang lain pun akan melakukan hal yang sama. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam meminta tolong adalah jangan memaksa. Mereka berhak menolak. Jangan jadi sedih atau justru marah, ketika orang tersebut tak bersedia membantu, dengan atau tanpa alasan.

Jika Anda yang dimintai tolong, dan Anda ingin menolak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar orang yang meminta tolong tidak sakit hati.

  1. Katakan apa adanya. Kalau memang tak sanggup melakukannya, katakan terus terang.
  2. Perhatikan gaya bicara Anda ketika menolak, usahakan tetap lembut dan santun.
  3. Jika dia kecewa, jangan menyalahkan diri sendiri. Bersikaplah realistis, Anda tidak bisa menyenangkan semua orang.

sumber: kompas.com – Ika Nurul Syifaa


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Lowongan Sebagai Agen Asuransi Prudential
  2. Bila Teman Tanya ‘Salary’
  3. Mempersiapkan Pensiun Dini
  4. Jauhi Sifat Buruk Penghambat Karir
  5. Tips Membuat Resume
  6. Tips Agar Surat Lamaran Anda Dibaca HRD
  7. 5 Hal, Yang Membuat Pembicaraan Anda Tidak Didengarkan
  8. Menghadapi Bos Temperamental
  9. Yang Berprestasi Tinggi Lebih Mudah Jadi ‘Kutu Loncat’
  10. Berniat Mengajukan Kenaikan Gaji? Inilah 3 Tips Meminta Kenaikan Gaji