Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Beberapa jenis pakaian atau pakaian dengan bahan tertentu memerlukan cara pencucian dan perawatan yang khusus. Sebab bila Anda salah mencuci atau menyetrika, pakaian bisa rusak.

1. Mencuci bahan cashmere
Mencuci pakaian dari bahan cashmere memang tidak mudah. Biasanya Anda akan disarankan untuk mencuci bahan ini secara dry clean. Mencuci manual (dengan tangan) membuat bahan ini semakin lembut dan lemas.

Cara yang tepat untuk mencuci cashmere adalah dengan menggunakan shampo bayi atau deterjen yang lembut. Sedangkan cara mengeringkannya tidak boleh diperas atau dimasukkan ke dalam mesin pengering. Anda harus mengeringkan dengan cara meletakkannya di atas handuk hingga kering. Jangan menggantung bahan ini, sebab bagian leher pakaian Anda akan melar dan merusak serat-seratnya.

2. Laundry pakaian putih
Setiap setahun sekali laundry pakaian yang berwarna putih. Sebab pakaian putih cenderung akan berubah menjadi kusam akibat penggunaan body spray, baby oil, atau akibat ketumpahan cairan (minuman).

3. Jangan terlalu sering laundry pakaian hitam
Pakaian hitam yang di-laundry terlalu sering akan mengurangi kepekatan warnanya. Bahkan terkadang akan timbul kesan mengilap dan licin. Sebaiknya cuci pakaian warna hitam dengan tangan, atau dengan mesin cuci dalam waktu yang singkat. Gunakan air dingin dan jangan menyikat terlalu kencang.

4. Menyetrika terlalu panas
Panas yang berlebih pada saat menyetrika akan menghilangkan kelenturan dari bahan pakaian. Bahan yang menggunakan karet sintetik (spandeks) atau rajut jangan disetrika lebih dari 10 menit. Sedangkan pakaian seperti jeans boleh disetrika selama 10 menit untuk mendapatkan hasil yang licin.

5. Atur panas atau suhu
Menyetrika pakaian dengan suhu yang tidak pas tidak akan membuat pakaian licin. Sedangkan jika suhu terlalu panas akan mengakibatkan semacam garis putih pada jahitan pakaian. Gunakan suhu yang tepat sesuai dengan petunjuk yang tertera pada alat setrika dan petunjuk pada label pakaian.

6. Mengancingkan resluiting
Sebelum mencuci pakaian yang menggunakan resluiting besar (dari bahan metal atau logam pada celana jeans), tutup resluiting atau kancingkan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari resluiting rusak atau tidak mau dikancingkan karena kaku akibat pencucian.

7. Melapisi kancing
Kancing yang terbuat dari logam atau bahan yang mudah terkoyak dan tergores saat pencucian atau penyetrikaan sebaiknya dilapisi terlebih dahulu.

8. Berganti-ganti
Jangan langsung menggunakan pakaian dalam yang baru saja kering atau disetrika. Beri jeda satu hari untuk dipakai kembali agar elastisitasnya kembali.

9. Pisahkan yang luntur
Beberapa pakaian seperti batik atau pakaian berwarna sering luntur. Pisahkan hingga 2-3 kali pencucian untuk menghindari melunturi pakaian yang lain.

Sumber: Real Simple, Editor: din, kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Fashion Berikut Ganggu Kesehatan Anda
  2. Inilah 4 Tips Agar Jins Lebih Awet
  3. Ternyata Gelang “Loom Band” Mengandung Zat Penyebab Kanker!
  4. Inilah Cara Merawat Kemeja agar Tetap Putih
  5. Inilah 6 Tips Penting Merawat Sepatu
  6. Berikut Cara Mencuci Yang Benar, Agar Pakaian Anda Awet
  7. Fashion Menjelang Tidur
  8. Inilah 7 Tanda Kalau Anda Harus Segera Ganti Bra Baru
  9. Inilah 10 Jenis Pakaian yang Perlu Anda Miliki di Lemari