Pulpen - Pen Promosi Murah, Klik Disini!Pin Promosi Murah, Klik Disini!


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Kesehatan berpangkal pada kebiasaan makan. Tak percaya? Praktikkan tips berikut, niscaya anda akan merasa lebih sehat dari sebelumnya. Minumlah air putih 6-8 gelas setiap hari. Bila anda dalam program menurunkan berat badan, teguklah satu atau dua gelas air sebelum makan. Ini akan membantu anda membatasi porsi makanan yang akan dikonsumsi.

Makanlah tiga kali. Makan dalam porsi kecil tapi sering lebih baik daripada makan sekali dalam porsi besar. Makanlah secara perlahan, jangan tergesa-gesa. Selain memudahkan lambung untuk mencerna makanan, menyuap makan secara sedikit demi sedikit membuat hidangan terasa lebih nikmat. Beralihlah ke menu sehat. Pilih makanan atau hidangan dengan kadar lemak rendah. Contohnya sebagai berikut.

Ganti susu wholemilk atau fullcream yang biasa anda minum dengan susu rendah lemak (skim milk). Gantilah daging sapi dengan pilihan rendah lemak seperti daging ayam atau ikan. Hindari makanan yang digoreng dan pilihlah makanan yang dimasak dengan cara dibakar, dipanggang atau ditumis. Dalam menumis anda pun punya banyak alternatif. Selain menggunakan minyak, masakan bisa pula ditumis dengan kaldu ayam, kecap rendah natrium, atau air.

Selain itu, bila hendak menggunakan mentega atau margarin pada roti, oleskan saja tipis-tipis. Perbanyak makan buah dan sayuran. Dan juga, kurangi pemakaian saus yang berlemak, juga mayones dan salad dressing. Hindari minum-minuman alkohol. Selain tidak bergizi, alkohol mengandung kalori tinggi dan turut andil memperbanyak timbunan lemak di tubuh.

Sebaiknya pilihlah bahan makanan alami, seperti sayur maupun daging segar. Sedapat mungkin hindari makanan-makanan yang telah diolah seperti makanan kaleng, sosis, dan sebagainya karena kandungan kalori dan lemaknya relatif tinggi.

Jangan terlalu sering membeli makanan-makanan cepat saji (fast food). Batasi diri anda, paling banyak mengonsumsinya dua kali sebulan. Dan bila memutuskan untuk makan di restoran cepat saji, jangan terpancing dengan penawaran paket hemat dan murah. Percayalah, perut anda tidak membutuhkan semua makanan yang tertera dalam paket tersebut. Lagi pula kandungan kalorinya jelas tinggi.

Jangan sampai melupakan makan malam. Tanpa makan malam, perut anda akan kosong terlalu lama. Kondisi ini sangat tidak baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anda. Tetapi usahakan makan malam sebelum pukul 19.00 dengan porsi sedang. Ini tidak akan membuat anda gemuk. Makan malam akan menjadi ‘bumerang’ bila disantap menjelang tidur, usahakan makan malam 2-3 jam sebelum beranjak keperaduan anda. (yz, Sumber: Nirmala)

Download Ebook Gratis


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Informasi Tentang Kanker Payudara
  2. Pria : Mau Lebih Sehat? Bercerailah!
  3. Ikan dan Tomat Buat Kanker Prostat
  4. Pisang Jauhkan Resiko Stroke
  5. 6 Tips Agar Rematik Tidak Kambuh Lagi
  6. Gejala dan Pengobatan Hepatitis Alkoholik
  7. Kadar Gula Tetap Stabil
  8. Pro Kontra Penggunaan Kondom
  9. Deteksi Dini Kanker Payudara
  10. Menghilangkan Hangover dengan Cepat