Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Mendongeng tidak hanya memikat melainkan juga berguna bagi perkembangan dan pertumbuhan anak, serta mempererat emosional antara sang bunda dengan buah hatinya.

Survei yang dilakukan pada 500 anak usia 3–8 tahun di Inggris terungkap, hampir dua per tiga anak menginginkan orangtuanya dapat meluangkan waktu membacakan mereka cerita sebelum tidur, terutama ibu ketimbang ayahnya.

Seorang pakar Eagle (1995) mengatakan bahwa anak-anak dapat belajar memahami dongeng sebelum mereka mampu berfikir logis. Bahkan sebelum meraka dapat menulis dan membaca.

“Mendongeng juga merupakan kegiatan penting sebagai jembatan sampai anak dapat memahami cerita dan berfikir logis”.

Pendiri dan pendongeng Kampung Dongeng Awam Prakoso menjelaskan, kegiatan mendongen memiliki banyak manfaat terutama bagi tiga aspek, psikologis anak, komponen kasih sayang, dan perkembangan anak.

Kegiatan mendongeng membuat keterikatan emosional antara ibu dan anak menjadi semakin erat. Mendongeng sebagai kegiatan sehari-hari sangatlah penting menciptakan manusia yang memiliki kecerdasan emosional dan intelektual.

“Mendongeng dapat meningkatkan kecerdasan anak, mendongeng secara rutin sangat efektif mengakrabkan hubungan antara orangtua dan anaknya. Jadi mari kita hidupkan budaya mendongeng untuk memberikan kesan hangat di dalam keluarga kita,” jelas Awam dalam acara Roadshow Mendongeng Wall’s Dreamy Creamy di TK Bakti Mulya 400, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Karenanya, diharapkan, orangtua dan guru harus berperan aktif dalam menyajikan cerita yang seru, menarik dan bisa mengajak anak-anak terlibat penuh dengan melibatkan kelima indera mereka.

“Jadi mendongeng saja. Selain menjelang tidur, ada banyak waktu dan ruang untuk membiasakan dongeng di dunia anak-anak,” tambahnya.

Namun, sambung Awam, masih banyak orangtua yang merasa kesulitan mendongeng untuk anaknya dengan alasan tidak bisa bercerita. Padahal semua orang punya kemampuan bercerita.

“Mendongeng itu mudah. Ceritanya bisa diambil dari kejadian sehari-hari atau hal-hal yang menarik di sekitar kita. Yang penting, orangtua harus pandai mengkreasikan cerita tersebut dan buatlah cerita dongeng dengan hubungan sebab-akibat sehingga lebih mudah dicerna anak,” terangnya.

Nah, berikut beberapa tips untuk para bunda agar kegiatan mendongeng lebih menyenangkan:

1. Ambil cerita yang paling banyak disukai oleh anak-anak, karena dengan sendirinya anak dapat menangkap antusiasme sang bunda dan anak akan belajar menyukai cerita itu.

2. Meskipun bunda menggunakan alat bantu berupa buku, lakukanlah kontak mata dengan anak sesering mungkin agar anak tetap fokus pada Anda.

3. Sebaiknya cari tempat yang tenang dan kurangi gangguan agar anak dapat fokus dan memahami isi cerita.

4. Tingkatkan partisipasi anak dengan menjadikannya bagian dalam cerita Anda. Dengan begitu Anda akan lebih banyak belajar dan lebih baik mengingat cerita. Dorong anak mengekspresikan dengan bahasa tubuh dan wajah. Ini dapat membuat Anak menikmati setiap kalimat, deskripsi dan karakter dalam cerita.

sumber: inilah.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 5 Tips Mengasuh Bayi Tanpa Babysitter
  2. 7 Tips Agar Anak Kebal Penyakit
  3. Jangan Abaikan Lingkar Kepala dan Ubun – Ubun Anak Anda
  4. Operasi “Caesar” Tak Selamanya Baik untuk Bayi
  5. Inilah 4 Faktor Tumbuh Kembang Anak
  6. Inilah Arti Senyuman Bayi Anda
  7. Tips Memandikan Bayi
  8. 5 Tips Aman Internet Untuk Anak Anda
  9. Indikator Awal Autisme Dari Tatapan Bayi
  10. Mau Punya Anak Dengan IQ Tinggi Ikuti 5 Tips Berikut