Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Umumnya wawancara kerja memang dilakukan secara face to face di perusahaan terkait, tapi ada kalanya prosedur wawancara kerja dilakukan via telepon. Biasanya, wawancara kerja seperti ini dilakukan secara face to face di perusahaan terkait, tapi ada kalanya prosedur wawancara kerja dilakukan via telepon. Biasanya, wawancara kerja seperti ini dilakukan bila perusahaan berada di luar kota atau luar negeri untuk menghemat waktu dan biaya. Tapi ada kalanya, beberapa perusahaan memilih wawancara via telepon sebagai proses penyaringan awal para kandidat karyawan, sebelum mengundang mereka langsung untuk wawancara tatap muka.

Meskipun interview hanya dilakukan via telepon, tak berarti proses wawancara ini tak penting. Kesan tentang diri Anda, justru akan terlihat dari bagaimana Anda berbicara dan bagaimana Anda menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh interviewer. Karena itu ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan agar sukses menghadapi wawancara kerja via telepon.

Siap Sedia
Biasanya interview kerja via telepon ini bisa dilakukan dengan perjanjian sebelumnya atau tanpa perjanjian sebelumnya atau tanpa perjanjian, yang berarti pihak perusahaan bisa menghubungi Anda kapan saja untuk melakukan wawancara. Karena itu, saat mengajukan lamaran, ada baiknya Anda mulai mempersiapkan diri dengan mencari tahu segala hal yang berkaitan tentang perusahaan dan posisi yang dilamar. Jangan lupa, siapkan jawaban yang menjelaskan mengapa Anda adalah kandidat terbaik untuk menempati posisi tersebut.

Bila wawancara dilakukan di waktu yang tak terduga, cobalah minta pihak perusahaan atau pewawancara untuk menghubungi kembali dalam waktu 5-10 menit. Katakan Anda perlu mencari tempat yang lebih tenang dan mempersiapkan alat tulis untuk mencatat beberapa hal penting. Yang tak kalah penting, cek kekuatan sinyal jaringan ponsel Anda, jangan sampai wawancara terputus, hanya karena sinyal yang buruk. Agar lebih aman, minta pihak pewawancara untuk menghubungi Anda ke pesawat telepon.

Ssst, salah satu keuntungan wawancara via telepon, Anda bisa mengintip jawaban dari buku panduan atau catatan yang sudah Anda siapkan.

Cari Posisi Aman
Menghadapi wawancara via telepon bukan berarti bisa duduk santai sesuka hati, karena Anda tak bertatap muka secara langsung dengan pewawancara. Wawancara via telepon juga membutuhkan posisi duduk yang baik. Pasalnya, posisi tubuh Anda akan berpengaruh pada intonasi suara.

Pilihlah posisi yang paling nyaman bagi Anda, entah itu dengan duduk tegak atau berdiri. Usahakan keadaan di sekeliling Anda dalam suasana tenang dan tak banyak orang. Selain itu, hindari melakukan kegiatan lain selama proses interview, seperti membaca e-mail, mendengarkan radio, atau menghentikan pembicaraan sejenak untuk berbicara dengan orang lain. Pantang juga dilakukan saat wawancara adalah mengunyah makanan, meski itu hanya permen karet. Selain konsentrasi akan terbagi, sikap seperti ini juga akan menimbulkan kesan tak serius di mata pewawancara. Layaknya interview tatap muka, dalam interview via telepon pun sikap Anda akan dinilai.

Practice Makes Perfect
Berbicara di telepon, apalagi untuk interview kerja memang tak semudah kelihatannya, karena itu ada baiknya berlatih menjawab pertanyaan sebelum menghadapi wawancara. Apalagi, bila wawancara dilakukan dengan perjanjian, Anda bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri. Agar lebih maksimal, mintalah seorang teman membantu latihan interview dengan merekam suara Anda. Dari hasil rekaman tersebut, Anda dapat mengoreksi kekurangan-kekurangan apa saja yang perlu diperbaiki saat menjawab pertanyaan. Selain itu, metode ini dapat membantu Anda lebih relaks dalam menghadapi wawancara.

Siapkan Waktu Berpikir
Ada baiknya Anda mencerna setiap pertanyaan sebelum menjawab. Rangkailah setiap kalimat dengan tepat. Jawaban cepat yang seadanya, justru akan membuat Anda terkesan terburu-buru dan tak serius.

sumber: (Bestari Kumala Dewi/Majalah Chic), Editor: NF, kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Lowongan Kerja BUMN Pertamina Untuk D3, S1 dan S2 – Maret 2009
  2. Inilah 10 Pekerjaan Terburuk untuk Paru-paru Anda
  3. Pemimpin Perempuan Makin Berkurang
  4. Hindari 5 Perilaku Berikut Dikantor Anda
  5. Jangan Katakan 4 Kalimat Ini Di Depan Bos Anda
  6. Tips menjawab 18 pertanyaan tersulit wawancara pekerjaan.
  7. Facebook Mampu Tingkatkan Produktivitas Kerja, Kombes.Com Apalagi!
  8. Ciptakan Kemenangan Anda
  9. Menjawab Pertanyaan Sulit Saat Wawancara
  10. Karir Finansial Jalur Terbaik ke Kursi CEO