Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Kecantikan seorang perempuan akan terpancar melalui keindahan rambut yang milikinya. Untuk memiliki rambut yang indah memang dibutuhkan perawatan rutin yang disesuaikan dengan jenis rambut anda. Tidak ada salahnya anda simak beberapa perawatan rambut berdasarkan jenis dan kondisi rambut, simak berikut ini.

Rambut berminyak memang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu keturunan, aktivitas hormon yang terlalu tinggi, terlalu sering atau jarang mencuci rambut. Bagi anda yang memiliki rambut berminyak, saat mencuci rambut sebaiknya gunakan shampo yang ringan dan conditioner. Hindari menggunakan sikat rambut atau memegang rambut terlalu berlebihan karena akan menstimulasi kelenjar sebum. Gunakan sisir daripada sikat rambut.

Bagi anda yang memiliki rambut kering dan rusak sebaiknya gunakan conditioner yang mengandung pelembab. Tapi anda harus menghindari proses pengkritingan atau pewarna rambut hingga rambut dalam keadaan baik. Cobalah anda gosokkan dengan lembut pada kulit kepala.

Memiliki rambut kombinasi biasanya bercirikan kulit kepala berminyak tetapi pada ujung rambut kering. Hal ini bisa saja disebabkan oleh zat kimia keras. Untuk menghindari stimulasi berlebihan kelenjar sebum sebaiknya gunakan sisir daripada sikat rambut. Gunakan shampo hanya pada kulit kepala dan kondisioner pada ujung rambut. Guntinglah ujung rambut setiap 6 minggu untuk menghindari pecahnya ujung rambut.

Penyebab dari rambut rontok biasa dikarenakan proses penuaan, faktor keturunan, perubahan hormon seperti setelah melahirkan, beberapa obat-obatan dapat menyebabkan rambut rontok. Tetapi sebenarnya anda tidak perlu cemas jika rambut anda rontok sebanyak 100 hingga 200 helai sehari karena memang itu hal yang wajar dialami setiap orang. Apabila anda tidak tahu pasti apa penyebab kerontokan rambut sebaiknya anda konsultasikan kepada dokter. Jika tidak tahu pasti penyebab kerontokan rambut, konsultasikan ke dokter. Untuk mengurangi kerontokan rambut terlalu banyak sebaiknya saat menyisir atau mencuci rambut tidak terlalu keras.

Apabila rambut anda berketombe maka anda bisa gunakan shampo anti ketombe sesering mungkin bila diperlukan pada awalnya lalu kurangi bersamaan dengan berkurangnya ketombe. Jika ketombe tidak hilang dalam 2 minggu atau kulit kepala terasa sakit, gatal atau meradang. terjadi peradangan pada bagian tubuh yang lain maka anda bisa konsultasikan pada dokter. Hindari menggaruk kulit kepala untuk mencegah infeksi.

Untuk anda sedang hamil sebaiknya anda hindari mengecat dan mengeriting rambut selama 3 bulan pertama kehamilan. Karena saat hamil bisa terjadi perubahan dimana-mana. Termasuk rambut yang bisa berubah menjadi lebih baik, lebih hitam dan bercahaya. Tetapi juga bisa menjadi lebih buruk, mengempis, kusam, rontok dan sebagainya. Apapun kondisi rambut anda saat itu sebaiknya anda jangan melakukan pengecatan atau pengeritingan rambut saat anda hamil. Dalam kondisi biasa, memang mengeriting atau membuat gelombang dapat mencerahkan rambut kusam.

Resiko obat kimia yang digunakan untuk mengeriting bisa meresap melalui kulit kepala ke aliran darah. Sehingga keamanan terhadap janin bisa diragukan. Tapi jika anda ingin mengeriting atau mencat rambut sebaiknya anda lakukan sebelum kehamilan terjadi.

Agar kondisi rambut anda tetap terjaga kesehatannya maka anda harus perbanyak makanan yang bergizi dan gunakan shampo sesuai jenis rambut anda. Ada baiknya anda sering memangkas rambut anda agar pertumbuhan rambut anda tetap baik dan sehat. Semoga bermanfaat untuk anda. twp


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Rambut Sehat Setelah Smoothing
  2. Mata Sehat Mempesona
  3. Langkah Tepat Samarkan Noda
  4. Bukan Hanya Tampil Cantik Tapi Sambil Bantu Orang Lain
  5. Lebih Seksi dengan Perona Pipi
  6. Night Cream for Health Skin
  7. Pilih Sabun dengan Tepat
  8. Tiga Langkah Bebas Jerawat Dalam 3 Hari
  9. Lulur Kemiri untuk Revitalisasi
  10. Ditemukan, Teknologi Terbaru Meluruskan Rambut