Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

KEJAHATAN dunia maya (internet) telah terjadi sejak lebih dari satu dasawarsa lalu. Kejahatan ini muncul ketika internet mulai diperkenalkan pada masyarakat luas. Hanya saja dulu tak terekspos dan motifnya masih sulit untuk dikenali. Mungkin juga lantaran masih jarangnya pengguna internet. Kejahatan internet kian marak seiring bertambahnya kebutuhan masyarakat akan internet dewasa ini. Ditambah, demam situs jejaring sosial yang kini menjadi tren di tengah masyarakat. Bagi mereka yang kurang hati-hati dalam penggunaan internet, akan sangat mudah menjadi korban kejahatan internet.

Kemudian, munculah istilah Cybercrime sebagai abstraksi dari fenomena sosial yang membuka cakrawala keilmuan dalam dunia hukum. Betapa suatu kejahatan bisa dengan sangat mudah dilakukan hanya dengan duduk di depan komputer atau laptop. Cybercrime bisa dikatakan sebagai sisi gelap dari kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang ada saat ini. Dari beberapa jenis cybercrime, kongres PBB X di Wina menetapkan hacking sebagai first crime. (Penanggulangan Kejahatan Hacking di Indonesia: Suhartono SAg SH MH).

Persoalan yang kemudian muncul adalah kekuatan hukum pidana positif di negara kita. Apakah bisa menjangkau sampai pada tingkat kejahatan tersebut? Tapi yang pasti sampai saat ini, belum jelas kekuatan hukum pidana yang mengatur mengenai kejahatan dunia maya meski sudah banyak korban yang bermunculan.

Selanjutnya, apakah kita lantas harus was-was atau menghindari kemajuan teknologi tersebut? Tidak, asalkan Anda berhati-hati saat menggunakannya. Lantas bagaimana caranya? Tidaklah diperlukan keahlian khusus untuk membuat Anda merasa nyaman dan aman ketika online di dunia maya. Perhatikan langkah-langkah berikut:

Melindungi Komputer
Sudah pasti hal ini mutlak Anda lakukan. Demi menjaga keamanan, paling tidak Anda harus mengaplikasikan tiga program, yaitu antivirus, antispyware, dan firewall. Fungsinya sudah jelas dari ketiga aplikasi tersebut. Antivirus sudah pasti menjaga perangkat komputer Anda dari virus yang kian hari beragam jenisnya. Antispyware berfungsi untuk melindungi data pemakai agar tidak ada orang yang bisa nerusak atau melacak kebiasaan Anda saat online. Spyware sendiri merupakan program yang diam-diam telah masuk ke dalam computer dan mengambil data. Tujuan awal dari pembuatan Spyware adalah mencari data dari pemakai internet dan mencatat kebiasaan seseorang dalam menyelusuri dunia maya. Sedangkan firewall merupakan sebuah sistem atau perangkat yang mengijinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Namun saat ini banyak perusahaan yang telah menyediakan ketiga aplikasi tersebut dalam satu paket murah yang mudah digunakan.

Melindungi Identitas
Jangan sesekali Anda memberitahukan identitas seperti nomor rekening, nomor kartu penduduk, tanggal lahir dan lainnya. Karena hal tersebut akan sangat mudah disalah gunakan oleh pelaku kejahatan internet hacker.

Selalu Up to Date
Cara dari para pelaku kejahatan saat melakukan aksinya yaitu dengan melihat adanya “celah” pada sistim komputer Anda. Karena itu, lakukanlah update pada komputer. Saat ini beberapa aplikasi sudah banyak menyediakan fitur update berkata secara otomatis. Mulai dari aplikasi antivirus dan aplikasi-aplikasi penunjang lainnya.

Amankan E-mail
Salah satu jalan yang paling mudah dan sering digunakan untuk menyerang adalah e-mail. Waspadalah setiap kali Anda menerima e-mail. Pastikan Anda mengetahui identitas dari si pengirim e-mail. Jika Anda sudah menerima e-mail dengan pesan yang aneh-aneh, sebaiknya jangan Anda tanggapi. Waspadai e-mail palsu yang sekarang banyak digunakan untuk menipu korban.

Melindungi Account
Gunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol setiap kali Anda membuat kata sandi. Ini bertujuan agar kata sandi Anda tidak mudah diketahui atau dibajak. Namun jangan sampai Anda sendiri lupa kata sandi tersebut. Menggunakan password yang sulit merupakan tindakan cerdas guna menghindari pencurian data.

Membuat Salinan
Sebaiknya para pengguna komputer memiliki salinan dari dokumen pribadinya, entah itu berupa foto, musik, atau yang lainnya. Ini bertujuan agar data Anda masih tetap bisa terselamatkan bila sewaktu-waktu terjadi pencurian data atau ada kesalahan pada sistim komputer Anda.

Cari Informasi
Meskipun sedikit membosankan, tapi ini penting buat Anda. Dengan memantau perkembangan informasi pada salah satu penyedia jasa layanan keamanan internet juga diperlukan, salah satunya adalah pada National Cyber Alert System yang berasal dari Amerika, Anda diharapkan dapat mengetahui jenis penyerangan yang sedang marak terjadi. Dan dari situ pula Anda akan mendapatkan informasi bagaimana menanggulangi penyerangan tersebut bila terjadi pada Anda.

sumber : (Genie/Genie/tty) – okezone.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Pidgin Instant Messenger
  2. Download PCMAV Terbaru April – Mai 2010, PCMAV 3.0.1 Ragnarok
  3. Agar Blog Anda Ramai Pengunjung dan Punya Banyak Follower
  4. Cara menembus YouTube, MySpace, Multiply
  5. WidgetBucks Untuk Blog Anda
  6. Kenapa Harus Ikut SponsoredReviews Affiliate Program?
  7. Menambah Kecepatan Koneksi Internet
  8. 8 Trik Memiliki Website E-Commerce
  9. Solusi Keamanan Lengkap F-Secure Untuk Smartphone
  10. Facebook Bisa Bikin Goblok