Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Ada peringatan bagi mantan perokok yang ingin come back. Sebuah penelitian menyebutkan, fungsi paru mantan perokok akan mengalami kemunduran signifikan manakala mereka memulai aktifitas merokoknya lagi. Bahkan, kemunduran ini lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak ‘sempat’ berhenti merokok.

Hal ini diutarakan Dr Bo Lundback, pemimpin penelitian sekaligus profesor tamu di National Institute for Working Life di Stockholm. Penelitian mengenai fungsi paru dan kebiasaan merokok ini, ucap Dr Lundback, dilakukan selama sepuluh tahun terhadap 1.116 laki-laki dan perempuan berusia 35 tahun hingga 68 tahun.

Para partisipan dibagi menjadi lima kelompok; bukan perokok, berhenti merokok sepuluh tahun sebelum penelitian dilakukan, berhenti merokok sepuluh tahun di masa penelitian, mantan perokok yang kambuh ‘kebiasaannya’ di masa penelitian dan golongan yang terus-menerus merokok.

Hasilnya, para mantan perokok yang kambuh (sempat berhenti merokok minimal satu tahun) mengalami penurunan fungsi paru yang sangat signifikan. Bahkan, lebih rendah dibanding perokok yang merokok selama sepuluh tahun.

“Mantan perokok yang fungsi parunya telah berkurang, tak dapat diperbaiki kembali. Bagian paru yang bisa mereka gunakan makin mengecil. Di tahun-tahun pertama mereka mulai merokok kembali, penurunan fungsi parunya semakin besar,” ucap Dr Lundback.

Namun demikian, imbuhnya, penelitian ini bukan dimaksudkan agar para perokok meneruskan kebiasaan merokoknya. Hanya saja, bagi mereka yang sudah berhenti merokok, harus mampu menahan dirinya untuk tidak merokok lagi. Sebab, risiko yang mereka hadapi akan lebih besar. (cy)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Berikut Tipe – Tipe Autisme
  2. Ada Banyak Posisi Melahirkan, Berikut 5 Posisi Melahirkan
  3. Cara Mudah Memutihkan Gigi
  4. Plus – Minus Operasi Payudara
  5. Ada 8 Manfaat ML Untuk Kesehatan Anda
  6. Ganja “Cimenk” Terbukti Efektif Kurangi Rasa Sakit Pasien Kanker
  7. Makanan untuk Perlindungan Mata
  8. Trichomoniasis, PMS Tanpa Gejala
  9. Inilah 6 Ciri-ciri / Gejala Awal Anda Kena Diabetes
  10. 4 Tips Menjaga Kesehatan Mata