Pulpen - Pen Promosi Murah, Klik Disini!Pin Promosi Murah, Klik Disini!


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Tulang belakang (spine) merupakan rongga yang terdiri atas 24 tulang (vertebrae) yang tersusun satu sama lain. Di antara tulang-tulang itu terdapat cakram yang melindungi tulang-tulang tersebut dari sentakan.

Cakram-cakram tersebut terbuat dari selubung kuat tulang rawan dengan bahan kenyal lembut di tengahnya. Cakram meredam sentakan di antara vertebra sambil membiarkannya bergerak.

Tulang belakang ditopang oleh otot dan ligamen. Otot abdominal (perut) membantu punggung untuk menekuk dan mengendalikan gerakan yang memelintir. Bersandar ke depan juga menggunakan otot pinggang, paha dan punggung.

Sumsum tulang belakang “membawa” saraf dari otak ke seluruh bagian tubuh dan mengalir ke tengah-tengah vertebrae. Kerusakan sumsum tulang belakang dapat menyebabkan kelumpuhan salah satu bagian tubuh.

Sakit Punggung
Sakit punggung merupakan suatu gejala dan bukan penyakit. Yang termasuk sakit punggung adalah rasa tidak nyaman yang ringan hingga nyeri menyakitkan yang mengakibatkan cacat. Perbedaan dalam tinggi, berat, dan kekuatan punggung mengakibatkan sebagian orang merasa lebih peka terhadap nyeri punggung dibandingkan lainnya.

Penyebab sakit punggung yang paling umum adalah keregangan otot atau ligamen atau postur tubuh yang tidak tepat. Hal tersebut selanjutnya mengakibatkan kelebihan beban sehingga perut yang berat mendorong tulang belakang ke muka. Aktivitas berat seperti mengangkat beban berat secara tidak tepat atau tindakan sederhana seperti bersandar mungkin menyebabkan nyeri. Nyeri punggung dapat terjadi pada saat ceder. Penyakit pada bagian tubuh yang lain dapat pula menyebabkan nyeri punggung. Sebagian orang tidak pernah mengetahui penyebab nyeri.

Jagalah agar punggung tetap tegak dan perut rata
Kadang-kadang masalah tulang belakang menyebabkan tekanan pada saraf, sehingga timbul nyeri di berbagai bagian tubuh yang berbeda. Misalnya, tekanan pada saraf di daerah pinggang belakang menyebabkan nyeri, kesemutan, rasa gatal atau lemas pada tungkai dan kaki.

Penyebab nyeri punggung yang tidak umum adalah infeksi atau tumor tulang. Hal tersebut menyebabkan nyeri pada siang dan malam hari dan sering disertai demam dan sakit. Sakit punggung dapat merupakan gejala depresi atau stress.

Sakit punggung kronik biasanya disebabkan oleh ketegangan punggung, penyakit cakram atau osteoartritis tulang belakang (spondylosis). Orang yang terkena nyeri itu perlu merawat punggungnya serta menguatkan otot punggungnnya dengan berolah raga. Penderita sakit punggung yang berbadan gemuk perlu mengurangi berat badan.

Serangan Akut Sakit Punggung
Sakit punggung biasanya membaik setelah beristirahat beberapa hari, meskipun sakit kadang-kadang berlangsung lebih lama. Hanya satu dari sepuluh orang yang tetap merasakan nyeri setelah nyeri berlangsung dua bulan. Berusahalah untuk meredakan nyeri dan kembali pada kegiatan normal secepat mungkin.

Segeralah menghentikan kegiatan meskipun hampir selesai. Jika anda tidak mampu meluruskan tubuh, maka merangkaklah ke tempat tidur atau berbaring di lantai dan lepaskanlah beban dari punggung. Luruskanlah punggung dan tungkai perlahan-lahan, sakit punggung seringkali lebih terasa setelah mandi panas atau berendam dan tidur lelap.

Berbaringlah di tempat tidur hingga nyeri berkurang. Usahakanlah senyaman mungkin sewaktu berbaring atau pada posisi menyamping. Gunakanlah bantal untuk menahan tetapi jangan duduk beralas bantal.

Sebagian orang merasa lebih nyaman berbaring dengan kaki terangkat atau bantal di bawah lututnya. Lakukanlah hal itu hanya beberapa jam saja, karena kalau terlalu lama kaki justru menjadi kaku.

Gerakkanlah tubuh selama beberapa menit setiap jam, rentangkanlah tangan ke atas dan bawah atau tekuklah lutut. Menggerakkan jari kaki dan memutar pergelangan kaki dapat memperlancar aliran darah. Jika hal itu terasa terlalu nyeri, maka tariklah nafas perlahan-lahan. Lakukanlah hal itu sebelum bangkit dari tempat tidur. Bangunlah dari tempat tidur dengan merangkak, sehingga nyeri mungkin terasa berkurang dibandingkan dengan berjalan. Letakkan kursi dekat tempat tidur untuk membantu.

Terdapat ratusan “pengobatan” untuk sakit punggung, beberapa di antaranya cukup baik, sedangkan selebihnya hanya menghabiskan uang saja. Bila pengobatan itu membuat anda merasa lebih baik maka lanjutkanlah. Kadang-kadang sakit punggung membaik dengan sendirinya.

Jika nyeri membuat anda tidak dapat tidur makan minumlah obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol (“panadol”) atau asam mefenamat (“ponstan”).

Bila telah bangkit dari tempat tidur, istirahatlah secara teratur dengan berbaring dan kaki diangkat. Hindarkanlah bergerak cepat, duduk dalam satu posisi terlalu lama atau segala gerakan yang menyebabkan nyeri.

Mintalah bantuan medis jika terdapat rasa kesemutan, lemas, pusing, mual, tidak mampu buang air kecil, nyeri berat yang berlangsung lebih dari tiga hari atau susah tidur. Orang yang kelebihan berat badan harus mengurangi berat badan untuk mengobati dan mencegah sakit punggung.

Latihan untuk menghilangkan nyeri punggung
Baringkanlah punggung anda dengan lutut tertekuk dan bukalah selebar mungkin. Letakkanlah lengan anda di atas paha luar tempat pertemuan pinggul.

Kendurkanlah otot punggung dan tekuklah ke bawah dengan lengan untuk merentangkan tulang belakang. Lakukanlah hal tersebut selama beberapa menit setiap hari. Latihan itu membantu membebaskan tekanan pada saraf dan cakram serta menempatkan kembali vertebra yang sedikit melenceng. (ee)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Kenali Gelaja Kanker Kulit Dari Tahi Lalat
  2. Parasit Pengganggu Kehamilan Anda
  3. Anak Kecil Pakai Ponsel Rawan Kanker Otak
  4. Waspada! Kanker Kolorektal Incar Usia Muda
  5. Inilah 4 Keuntungan Olahraga Sore Hari
  6. Obat Generik vs Obat Paten
  7. Meramal Datangnya Penyakit Jantung
  8. Terapi Nimotuzumab, Harapan Baru Penderita Kanker
  9. Tanaman Afrika Hentikan Pendarahan
  10. Mampukah Buah Sirsak Sembuhkan Kanker?