Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Berat badan yang ideal tentu sangat diinginkan setiap orang. Apapun akan dilakukan orang untuk bisa tampil langsing. Kalau soal membakar kalori, latihan yang bersifat aerobik memang lebih diandalkan. Sedangkan latihan yoga dianggap oleh sebagian orang hanya berguna untuk merenggangkan dan melenturkan tubuh saja. Dengan kata lain, jangan berharap tubuh akan menjadi langsing hanya dengan melakukan latihan yoga saja. Namun, penelitian dari Fred Hutchinson Cancer Research Center mematahkan anggapan itu. Berdasarkan hasil penelitian mereka, berlatih yoga ternyata juga dapat membuat berat badan turun atau setidaknya membuat berat badan menjadi stabil.

Kesimpulan itu didapat setelah meneliti 15.500 orang yang berumur 53 sampai 57 tahun. Mereka yang kelebihan berat badan dan kemudian berlatih yoga mengalami penurunan berat badan sekitar 2 sampai 5 kilogram. Para peneliti juga menyatakan orang paruh baya pada umumnya akan mengalami kenaikan berat badan selama 10 tahun. Namun berbeda bagi mereka yang melakukan yoga akan lebih sedikit kenaikannya dibandingkan yang tidak melakukan yoga. Tapi, bukan berarti kalori yang terbakar saat melakukan latihan yoga sama besar dengan saat anda lari atau berlatih aerobik, tentu saja hal itu berbeda.

Menurut para peneliti, penurunan berat badan bukan karena banyaknya kalori yang terbakar, tapi karena yoga dapat membantu orang lebih menyadari akan kondisi tubuhnya sendiri. Sejak rutin melakukan latihan yoga, mereka juga pasti akan otomatis memperbaiki pola makan sekaligus juga menghindari kebiasaan yang buruk seperti banyak makan karena stres, bosan atau depresi. Masuk akal juga kalau ternyata yoga bisa menurunkan berat badan, karena bagaimana bisa melakukan pose dalam yoga seandainya perut kita dalam keadaan penuh. Orang yang berlatih yoga tentu akan menjaga pola makannya.  yz


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cengkeh Antioksidan Terbaik
  2. Gelembung : Cara Deteksi Kanker Payudara
  3. Kondom Perempuan, Kesempatan Lindungi Diri
  4. Inilah 6 Manfaat Kesehatan yang Didapat dengan Menikah
  5. Bahaya Tambahan Perokok Pasif
  6. Cara Mencegah Stroke Dengan Nutrisi!
  7. Oral Seks Berisiko PMS
  8. Dua Saluran Serotonin
  9. Cegah Gangguan Pencernaan Dengan 5 Tips Berikut Ini
  10. Pendarahan Vagina bag. 3