Pulpen - Pen Promosi Murah, Klik Disini!Pin Promosi Murah, Klik Disini!


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Pulau yang terletak di pesisir Timur Sumatera Bagian Selatan ini berada pada 1°20’-3°7 Lintang Selatan dan 105° – 107° Bujur Timur, memanjang dari Barat Laut ke Tenggara sepanjang sekitar 180 km. Dengan luas wilayah ± 2.950,68 km2, pulau ini memiliki jumlah penduduk  sekitar 217.545 jiwa. Pulau ini terdiri dari rawa-rawa, daratan rendah dan perbukitan di mana terdapat hutan lebat, sedangkan pada daerah rawa terdapat hutan bakau. Rawa daratan pulau ini tidak berbeda dengan rawa di pulau Sumatera, sedangkan keistimewaan pantai dibandingkan dengan daerah lain adalah pantainya yang landai berpasir putih dengan dihiasi hamparan batu granit.

Sebagaimana dikatakan bahwa keistimewaan pulau ini adalah pantainya yang indah, maka jangan heran kalau sektor wisata di daerah ini didomonasi keindahan pantai. Seperti Pantai Matras yang terletak di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, berjarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang atau 7 km dari kota Sungailiat. Pantai sepanjang 3 km ini sangat indah dan landai. Dengan pasir putih yang halus menampilkan laut yang bening dan pemandangan indah serta aliran sungai yang alami sehingga acapkali disebut sebagai Pantai Surga. Pantai Matras merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi baik masyarakat lokal maupun wisatawan nusantara dan mancanegara.

Tak kalah indah dengan pantai di atas adalah Pantai Tanjung Pesona yang terletak sekitar 9 km dari kota Sungailiat, tepatnya di lokasi antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tanjung Layang/ Teluk Tikus. Panorama laut lepas, di atas tanjung dan batu-batuan yang besar menambah kenyamanan wisatawan yang datang ke sini. Selain itu tersedia fasilitas berupa Cottages, Restaurant, Karaoke, Diskotik, Biliar, Permainan Anak-Anak, dan parkir yang cukup luas karena sering diadakan show untuk menghibur para wisatawan.

Pantai Parai Tenggiri, salah satu pantai indah di kawasan daerah Matras, tepatnya berada di teluk kecil yang diapit batu karang, saat ini telah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas wisata seperti hotel berbintang 4, Cottages, Restaurant, Kolam Renang, Diskotik, dan fasilitas lainnya

Pantai Batu Bedaun merupakan pantai yang cukup unik, mempunyai ciri khas adanya pohon di atas batu yang tidak pernah berubah baik diwaktu air laut pasang maupun surut dan saat ini telah tersedia fasilitas Restaurant, Karaoke, dan penginapan dengan harga yang cukup terjangkau.

Keindahan Pantai Rebo dengan perbukitannya serta perkebunan yang tersebar di sepanjang pantai, menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, dari berbagai penjuru yang berada di Pulau Bangka. Pantai Teluk Uber dengan luas 25 ha menyajikan pemandangan indah dengan pasir putihnya. Pantai Air Anyer yang terletak di Desa Air Anyer, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, berjarak sekitar 15 km darl Kota Sungailiat arah ke Pangkalpinang.

Pantai lainnya adalah Pantai Remodong terletak di Kecamatan Belinyu, daerah Bangka Utara dan sekitar 77 km dari Sungailiat. Pantai ini tepat menghadap ke Barat, sehingga dari sini dapat menikmati sunset yang indah. Pantai sepanjang sekitar 4 km ini sangat landai, berpasir putih, lautnya bening menyediakan fasilitas cottages yang cukup baik untuk wisatawan. Pantai Penyusuk masih berada di Kecamatan Belinyu merupakan pantai landai alami dihiasi hamparan bebatuan. Pulau yang terdapat di depan pantai membuat air bergelombang sangat tenang dan jernih.

Obyek wisata lainnya adalah Air Panas Pemali (Tirta Tapta) yang merupakan aset wisata unggulan di samping wisata pantai. Terletak di Desa Pemali, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, ± 20 km dari Kota Sungailiat. Air panas ini berasal dari tanah aktif dan sangat cocok bagi wisatawan yang datang untuk kesehatan atau menghilangkan pegal-pegal dengan cara berendam di kolam yang telah disediakan.

Gunung Maras yang merupakan satu-satunya gunung di pulau ini, terdapat di Desa Rambang, Kecamatan Riau Silip, sekitar 70 Km dari Kota Sungailiat atau sekitar 33 Km dari Kota Belinyu. Gunung ini merupakan salah satu objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi terutama oleh penggemar olahraga lintas alam seperti hiking, camping dan mendaki gunung.

Sebuah kolam pemancingan terletak di Kelurahan Sungailiat, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, berada di pinggir Jalan Jenderal Sudirman, Sungailiat. Tempat ini sering digunakan oleh masyarakat untuk beristirahat sambil menyalurkan hobi memancing ikan air tawar yang cukup beragam.

Meski sebuah pulau kecil, Pulau Bangka menawarkan wisata alam yang lumayan komplit. Bila anda berkeinginan dating, anda bisa menggunakan angkutan udara, laut dan darat. Dengn menggunakan pesawat udara, kapala laut atau perahu cepat juga bis via Palembang. Semoga tulisan ini bisa menjadi rekomendasi perjalanan anda untuk destinasi selanjutnya.

Sela waktu dikantor, isi dengan berTrading Forex di Marketiva

1. Membuka Account Gratis. Daftar Disini!
2. Mendapat $5 Gratis.
3. Hanya dengan $1 sudah bisa bertrading.
4. Keamanan yang cukup bagus.
5. Memperoleh Software untuk bertrading secara real time.
6. Tersedia support berbahasa melayu.
7. Mendapatkan uang virtual, untuk latihan trading.

Tutorial 1 | Tutorial 2 | Tutorial 3 | Tutorial 4 | Tutorial 5
Tutorial 6 | Tutorial 7 | Tutorial 8 | Tutorial 9 | Tutorial 10

Download Ebook Gratis


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Jogjakarta; Jamasan, Wisata Ritual Bernilai Jual
  2. Pulau Karimun, Jakut; Mengenal Lebih Dekat Satwa Terlindungi
  3. P. Siberut, Mentawai; Nikmati Eksotisme Primata Siberut
  4. Yogyakarta; Atmosfir Uniknya Selalu Bikin Kangen
  5. Pelabuhan Ratu; Pesona yang Terlupakan
  6. Jaya Wijaya, Papua; Nikmati Festival Lembah Baliem
  7. Jl. P. Jayakarata, Jakarta; Menyusuri Jakarta Tempo Dulu
  8. Danau Tolire, Maluku; Wisata Unik Sarat Legenda
  9. Semarang, Jateng; The City Of Sam Poo
  10. Kebun Wisata Pasirmukti; Back To Nature