Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Gold Coast bukanlah kota biasa, melainkan sebuah wilayah perkotaan sepanjang 70 km, membentang dari Beenleigh di utara ke selatan hingga Coolangatta (berbatasan dengan Negara Bagian New South Wales), sekitar satu jam bermobil ke arah selatan dari Brisbane (ibu kota Negara Bagian Queensland). Kawasan pantai Samudera Pasifik berpasir putih bersih itu diperkaya dengan beberapa resor wisata seperti Paradise Point, Southport, Surfers Paradise, Burleigh Heads dan Currumbin Beach.

Sebagai daerah tujuan wisata penting, Gold Coast belum tertandingi di seluruh negara bagian yang berjuluk The Sunshine State itu, bahkan Brisbane sekalipun. Diperkirakan, dari jumlah seluruh wisatawan asing yang berkunjung ke Queensland (dan Australia pada umumnya), sebagian besar di antaranya berkunjung ke Gold Coast.

Fenomena ini dimanfaatkan oleh pemerintah negara bagian untuk menjadikan Gold Coast sebagai ikon pariwisata yang potensial. Gold Coast identik dengan pantai timur Queensland yang hangat, berhadapan dengan Samudra Pasifik. Pengembangan kawasan ini menjadi resor plesiran sesuai dengan pemanfaatan kondisi alam pantai yang eksotik, gelombang lautan yang besar (cocok untuk bermain selancar), letaknya tidak terlalu jauh dari Brisbane dan dekat dengan garis batas Negara Bagian New South Wales.

Gold Coast memang dirancang sebagai resor wisata bertaraf internasional. Berbagai fasilitas dan penunjang kepariwisataan dibangun secara terpadu untuk memberikan kepuasan pengunjung. Promosinya pun dilaksanakan secara profesional. Surfers Paradise, misalnya, bermodalkan gelombang laut yang besar dan pantai berpasir, berkembang menjadi surga bagi para peselancar kelas dunia.

Dream World menyuguhkan perpaduan antara hiburan ringan, pengalaman yang unik, atraksi mendebarkan jantung (seperti roller coaster) dan atraksi aneka binatang. Teater Imax (semacam Keong Emas di TMII) dan pusat perbelanjaan pun ada di tempat ini.

Selain populer sebagai daerah wisata pantai, Gold Coast juga didukung wisata pedalaman yang dikenal dengan Gold Coast hinterland. Segala potensi wisata yang tidak berkaitan dengan kelautan dikemas dalam nuansa hinterland. Jenis objek wisata yang ditawarkan pun beraneka ragam, seperti alam pegunungan, hutan hujan, flora dan fauna khas Australia, festival budaya dan sebagainya. Hutan hujan Lamington Plateau, Gunung Tamborine dan Springbrook, resor-resor pegunungan Binna Burra dan O’Reilly’s menjadi daya tarik utama wisatawan Gold Coast hinterland.

Kehidupan Gold Coast terus berdenyut sepanjang waktu. Ibarat gula, Gold Coast sangat manis sehingga banyak orang dari berbagai negara dengan bermacam kepentingan datang mengerumuninya. Para pebisnis dan pekerja datang mengadu peruntungan. Para pelancong domestik dan mancanegara datang dan pergi membawa bermacam kenangan.

Pelayanan memuaskan kepada pengunjung menjadi salah satu kunci keberhasilan kepariwisataan Gold Coast. Hotel, restoran, tempat-tempat hiburan, layanan jasa informasi dan pusat-pusat perbelanjaan bersaing menawarkan yang terbaik dan termurah. Bentuk bangunan dirancang sedemikian rupa dan dipilih di lokasi yang strategis untuk memberikan kenyamanan.

Kunjungan ke Gold Coast biasanya satu paket dengan kunjungan ke Brisbane, Sydney atau sebaliknya. Meskipun objek wisata yang ditawarkan sama, tiap-tiap biro perjalanan menawarkan paket wisata yang berbeda. Setiap hotel bahkan mempunyai program berbeda untuk menyedot sebanyak mungkin pengunjung.

Sebuah kawasan wisata rasanya belum lengkap tanpa pusat perbelanjaan barang atau makanan khas. Untuk memuaskan pengunjung, di Gold Coast tersedia banyak department store, supermarket, hotel berbintang dan restoran berbagai selera, galeri seni serta toko-toko suvenir. Pengunjung tinggal mengukur isi dompet, mau barang yang murah atau mahal, asli atau imitasi.
Urusan isi perut pun banyak pilihan. Aneka jenis sajian, seperti masakan Asia Tenggara, China, Jepang, Meksiko, India, Amerika, Italia, atau Eropa lainnya tersedia di hotel, kafe dan restoran. Kami pernah mencoba masakan Asia Tenggara (nasi) di restoran Malaysia, rasanya tak jauh beda dari yang di Tanah Air.

Oleh-oleh khas Australia? Oh, banyak sekali. Dari pin bendera Autralia sampai boneka kangguru. Semuanya beraneka rupa dan harga. Pendek kata, Gold Coast pintar memanjakan wisatawan yang mengunjunginya. Otorita Pantai Kuta (Bali) atau Pantai Carita (Banten) sebenarnya dapat belajar dari manajemen kepariwisataan Gold Coast di Australia ini. Modal alam sudah tersedia, tinggal bagaimana mengembangkan sumber daya manusia menjadi lebih andal dan berdaya guna. (rn)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 5 Hotel Murah di Singapore Ini Juga Menjadi Incaran Wisatawan
  2. Girnie, Syprus Utara; Mengunjungi Pelabuhan Tua Nan Eksotik
  3. Ameland, Belanda; Tawarkan Ketenangan dan Kedamaian
  4. Pompei, Italia; Kota Tujuan Wisata Bangsa Romawi
  5. Cari Barang Murah? Ke Bangkok Yuk
  6. Keren dan Gratis! Inilah 3 Tempat Selfie di Singapura
  7. Inilah Panduan Lengkap Liburan Ke Singapura
  8. Berjudi di Las Vegas
  9. Pulau Capri, Teluk Napoli; Pulau Unik yang Melegenda