Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Frankurt adalah kota yang paling sering dikunjungi di Jerman. Bukan karena berbagai atraksi yang disuguhkan bagi turis, tapi lapangan udara mereka yang sangat ramai. Bandara Frankfurt merupakan lapangan udara internasional di Jerman.

Tak banyak orang dari luar Jerman yang mau khusus datang ke Frankfurt jika bukan karena urusan bisnis ke pusat perekonomian Jerman. Bandara tidak pernah tidur, sejak pagi hingga pagi kembali, sama dengan bandara internasional lain. pesawat yang singgah di Frankfurt dari hampir seluruh negara di dunia singgah. Fasilitas untuk penumpang transit, seperti pertokoan tertata dengan apiknya.

Kota berpenduduk 650.000 jiwa ini bukan hanya memiliki gedung-gedung tertinggi, namun juga penduduk warga asing. Waldstadion adalah lapangan sepak bola utama di Frankfurt. Sesuai dengan namanya, “wald” atau hutan, stadion ini benar-benar terletak di tengah-tengah hutan.

Jika Anda ingin enjoy dan menikmati keramaian tanpa henti datanglah ke Hauptbahnhof (stasiun sentral). Hauptbahnhof tak pernah sepi. Dari pagi ke pagi lagi, suasana keramaian senantiasa terjaga. Hauptbahnhof memang spesial. Di dalamnya kita bak berada di sangkar raksasa. Atapnya transparan. Kubahnya melengkung seperti langit kedua. Warga Jerman menyebutnya sebagai “katedral tanpa sepi”.

Dengan pengaturan lalu-lintas yang mantap, pengguna jasa terintegrasi dengan sarana transportasi lain, baik trem bus. Dari semua arah bisa dijangkau, mau utara-selatan atau timur-barat. Untuk ganti jalur memang dibutuhkan pindah subway berkali-kali. Atau ganti trem sebagai variasi. Namun harus teliti dan hati-hati karena kalau sampai salah jalur bisa kesasar.

Frankfurt juga dikenal dengan gereja-gereja tua. Di kawasan Roomerberg (Paulskirche), terdapat dua katedral (dom) terkenal. Katedral St Bartholomew mempunyai nilai sejarah tinggi karena pernah dipakai sebagai penobatan para raja Jerman sejak 1562. Satu dom lagi adalah Katedral Imperial yang memiliki menara. Ada satu tempat bersejarah lain di kawasan Roomerberg, yakni tiga rumah Gothic. Bangunan itu adalah rumah tradisional Jerman yang hingga sekarang terus dipertahankan keberadaannya.

Tepat di depan tiga rumah Gothic tersebut terdapat lapangan yang sering dipakai untuk menggelar pesta prestasi. Ketika Jerman memenangi Piala Dunia 1990 dan Euro 1996, mereka merayakannya di lapangan itu sambil minum bir dan begadang hingga dini hari.

Tak jauh dari Roomerberg terdapat kawasan perbelanjaan yang dikenal dengan Hauptwache. Hauptwache merupakan symbol keajaiban ekonomi Jerman. Di tempat inilah semua barang tersedia. Bagi penggemar shopping, Hauptwache adalah “surga”. Mau belanja segala macam, tersedia. Pada hari-hari tertentu digelar pesta diskon.

Di Frankfurt juga bisa ditemui Museum Yahudi yang terletak di Main Untermainkai 14-15. Pada museum ini digambarkan kekejaman Nazi yang dipimpin Adolf Hitler. Ketika masuk ke gedung tua itu langsung terasa suasana mencekam. Bulu kuduk dibuat berdiri melihat bangunan bekas pembantaian kaum Jewish itu. Beberapa sumur yang dipakai untuk menyiksa, masih tampak utuh. Demikian pula tempat pemanggangan manusia.

Kesan angker terasa kental. Menurut petugas museum, beberapa bangunan yang ada sekarang masih asli seperti semula. Namun ada ruang yang direnovasi agar bangunan terjaga keutuhannya.

Selain tempat-tempat pembantaian itu, museum dilengkapi rumah dan sinagoga, tempat ibadah kaum Yahudi. Museum ini juga didedikasikan untuk keluarga Rotschild, tokoh Yahudi terkenal yang tinggal di Jerman.Museum ini menjelaskan secara detail kehidupan bangsa Yahudi yang sudah menetap di Jerman pada abad 19. Dikisahkan pula, saat-saat mereka terusir dan dibantai. Para turis sering mampir di Museum Yahudi dan mereka biasanya menanyakan tentang pembantaian itu. Museum serupa yang lebih besar terdapat di Berlin.(rn)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Mau ke Singapura? Baca Dulu Tips Hemat di Singapura
  2. 10 Hal Gratis di Paris
  3. Keren dan Gratis! Inilah 3 Tempat Selfie di Singapura
  4. Inilah 4 Kebun Binatang Yang Harus di Kunjungi di Singapura
  5. Patong Beach; Pantai Indah di Phuket Island.
  6. Sydney, Australia; Berpetualang Bersama Captain Cook
  7. Girnie, Syprus Utara; Mengunjungi Pelabuhan Tua Nan Eksotik
  8. Cheju Island, Korsel; Tawarkan Beragam Pesona
  9. New Orleans; Kota Tua, Sejarah dan Romansa
  10. Wisata Luar Angkasa Rp 920 Juta