Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Jepara memang terkenal dengan seni ukirnya, karenanya banyak turis yang dating ke daerah ini sekadar untuk berburu perabot berukir khas Jepara. Tapi kota kelahiran pahlawan emansipasi wanita, RA Kartini ini ternyata memiliki obyek wisata yang menarik juga. Obyek wisata yang tergolong menarik di Jepara lumayan banyak, seperti Pantai Kartini, Pantai Bandengan, Benteng Portugis, Pulau Panjang, Museum Kartini, dan Kepulauan Karimunjawa.

Dari berbagai obyek tersebut, Pantai Kartini yang terletak sekitar dua kilometer dari kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Jepara (tempat RA Kartini dibesarkan), serta Kepulauan Karimunjawa merupakan obyek-obyek yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Ramainya pengunjung ke pantai ini terlebih kepada keberadaan wahana Sea World atau Dunia Hayati yang pembangunannya belum sepenuhnya rampung. Meski begitu, sebagian sudah dioperasikan. Wahana hiburan ini dibangun dalam bentuk menyerupai kura-kura raksasa. Di samping wahana baru yang memakan lahan seluas 1,53 hektar tersebut, juga terdapat sejumlah fasilitas hiburan lain di pantai indah yang disebut oleh mendiang Kartini sebagai Kleine Scheveningen, tempat di mana Kartini suka berkontemplasi.

Dunia Hayati ini akan menghadirkan akuarium raksasa dengan isinya sesuai dengan standar Sea World di daerah lain. Bangunan yang berbentuk kura-kura ini ditempatkan agak menyudut di obyek wisata Pantai Kartini. Namun, karena bentuk bangunannya unik, tinggi dan besar dengan sangat mudah menarik perhatian pengunjung.

Penduduk yang tinggal di dalam kompleks wisata Pantai Kartini menyediakan/ membangun beberapa kamar mandi dan WC di lingkungan rumah mereka dengan mengutip bayaran Rp 1.000 per pengunjung sehingga terkesan begitu bersih. Bahkan ada yang membangun kamar penginapan segala. Jadi anda tidak perlu repot bolak balik hotel bila masih betah di pantai ini.

Belum ada toko yang menyediakan aneka kerajinan khas Jepara, seperti kayu berukir, monel (baja putih), dan kain tenun Troso di kawasan wisata ini. Umumnya yang dijajakan adalah hasil kerajinan kerang, karang, ikan hias, kura-kura dan aneka tongkat kayu yang didatangkan dari Kepulauan Karimunjawa.

Bagi anda penikmat kulineri, terdapat sebuah restoran dengan bangunan khas yang terletak di tepi bibir pantai. Jika anda senang menikmati keindahan laut bisa menyewa perahu bermesin tempel dan mengunjungi Pulau Panjang yang terletak hanya sekitar dua mil laut dari Pantai Kartini. Di pulau seluas 5 hektar lebih itu pengunjung juga dapat menjumpai aneka burung dan kupu-kupu, rimbunnya beragam tanaman dan hamparan pasir putih.

Jika anda ingin memperpanjang liburan anda di lokasi ini, anda bisa menggunakan kapal penyeberangan yang melayani alur Jepara-Karimunjawa dua kali seminggu. Jangan khawatir, penyeberangan tersebut tidak memakan waktu, paling memakan waktu hanya dua jam saja.

Sebuah tradisi tahunan yang masih dilaksanakan hingga saat ini adalah Pesta Lomban. Sebuah tradisi yang identik dengan sedekah laut. Pada awalnya hanya melibatkan nelayan sebagai ungkapan terima kasih kepada Tuhan atas keselamatan dan hasil tangkapan (ikan) mereka. Belakangan tradisi ini malah menyedot perhatian para wisatawan.

Jadi tak perlu perjalanan jauh jika anda ingin sekadar melepas penat. Kota kecil di utara Pulau Jawa ini ini ternyata menawarkan kawasan wisata yang tak kalah indah. Mulai dari wisata pantai hingga wisata trakking sambil menikmati flora dan faunanya yng indah. Pastikan destinasi anda berikutnya adalah Jepara. (ee)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Danau Lau Kawar, Karo Bisa Menjadi DTW Primadona Kabupaten/Kota di Sumut
  2. Guci Tegal; Antara Keindahan dan Mitos
  3. Liwa, Lampung; Kota Dingin yang Menghangatkan
  4. Pantai Sepanjang Yogya; Pesona Kuta Tempo Dulu
  5. Keindahan di Utara Bangka
  6. Pulau Kakaban; Gemerlap Cahaya di Tengah Danau
  7. Nikmati Keindahan Candi Ratu Boko
  8. TN Kep. Seribu; Pesona Wisata Bahari di Utara Jakarta
  9. Bukit Lawang, Bahorok; Wisata Alam Hutan Tropis
  10. Flores, NTT; Kenali Taman Nasional Komodo