Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Negeri Seribu Kuil. Julukan itu tidak berlebihan diberikan kepada Nepal. Di Lembah Kathmandu di mana Kathmandu, ibu kota Nepal, berada saja, setidaknya ada tujuh kompleks besar kuil Hindu atau Buddha berusia ribuan tahun.

Dalam setiap kompleks kuil bisa ditemui puluhan atau bahkan ratusan candi, besar maupun kecil, yang dibangun oleh berbagai dinasti monarki yang berbeda yang pernah berkuasa di Nepal. Ketujuh kompleks kuil ini seluruhnya masuk situs warisan sejarah yang dilindungi Perserikatan Bangsa–Bangsa (UNESCO World Cultural Heritage Sites).

Hebatnya, ketujuh kompleks besar kuil yang seluruhnya berada dalam radius 20 kilometer itu terawat dengan sangat baik dan hingga sekarang masih tetap digunakan sebagai tempat ibadah atau penyelenggaraan upacara atau festival keagamaan oleh masyarakat setempat.

Hal ini setidaknya terlihat dari masih dilestarikan dan dihormatinya kuil Kumarichwok atau Kumari ghar yang merupakan tempat tinggal Dewi Kumari, dewi yang sangat disegani oleh umat Hindu di Nepal.

Keberadaan Kumarichwok dengan Dewi Kumari sebagai wujud reinkarnasi Dewi Durga—yang terus dijaga kesinambungannya melalui sosok–sosok anak gadis yang dipilih dari warga setempat, yang dianggap bisa mewakili kesempurnaan Kumari—dan masih dipeliharanya tradisi keagamaan di kuil–kuil yang ada membuat kawasan Lembah Kathmandu berbeda dengan kuil–kuil Hindu atau Buddha di negara lain.

Sosok Kumari sebagai the living goddess membuat Lembah Kathmandu bukan lagi museum mati para dewa dan dewi, tetapi benar–benar museum hidup bagi turis dari dunia luar maupun masyarakat Nepal yang 80 persen beragama Hindu dan 8 persen menganut agama Buddha.

Ke Nepal tidak akan lengkap kalau belum mengunjungi dari dekat kuil–kuil tersebut. Bagi turis asing, the living museum ini terasa semakin semarak dengan adanya berbagai festival dan ritual keagamaan yang silih berganti digelar sepanjang tahun nyaris tanpa jeda dengan ritual atau festival lain di negeri itu.

Di luar kompleks–kompleks candi besar tersebut, masih banyak kuil atau kumpulan kuil terpisah yang tersebar dan dengan mudah bisa ditemui hampir di setiap tempat dalam jarak yang tidak berjauhan di tengah permukiman penduduk.

Selain Kathmandu sebagai ibu kota pemerintahan dan tempat tinggal raja, Lembah Kathmandu yang berbentuk seperti cekungan di tengah daratan Nepal dan di sisinya dikelilingi barisan pegunungan tertinggi dunia, juga tempat keberadaan dua kota bersejarah Nepal lainnya, yakni Patan dan Bhaktapur.

Sebagaimana halnya Kathmandu, Patan dan Bhaktapur juga surganya istana–istana tua dan ratusan kuil Hindu dan Buddha. Sejarah Kathmandu sendiri sangat menarik untuk disimak. Lembah Kathmandu dulunya konon adalah sebuah danau raksasa yang kemudian disulap menjadi daerah yang bisa dimukimi oleh Manjushree, dengan cara memotong satu sisi perbukitannya untuk mengalirkan keluar air yang merendam kawasan danau tersebut.

Bukan hanya Lembah Kathmandu dengan wisata budayanya yang bisa ditawarkan Nepal. Masih ada Pokhara, Nagarkot, Annapurna, Chitwan, dan Lumbini, yang tak kalah populer di kalangan turis. Lumbini adalah lokasi wisata ziarah karena di situlah tempat lahir Sidharta Gautama atau Sang Buddha. Chitwan terkenal dengan taman nasional dan spesies langkanya.

Sementara Lembah Pokhara yang berada tepat di kaki pegunungan Annapurna dan Machhapuchhre di Himalaya terkenal karena keindahan danau– danau dan pemandangan Himalaya–nya. Annapurna sendiri dengan kawasan konservasi alamnya merupakan rute trek favorit para pendaki profesional.

Dari Nagarkot yang berada di ketinggian 2.195 meter dan hanya berjarak 32 kilometer dari Kathmandu, kita dengan leluasa juga bisa menyaksikan bentangan Himalaya. Itu kalau udara cerah. Pegunungan tertinggi di dunia dengan beberapa puncaknya yang terkenal seperti Sagarmatha (Everest), Kanchanjunga, Makalu, Dhaulagiri, dan Annapurna ini terlihat memanjang mulai dari timur, utara, hingga barat Nepal. Banyak turis datang ke sini untuk melihat matahari terbit dan terbenam di atas Himalaya, atau sekadar melihat Himalaya dari jauh dan suasana kota Kathmandu dari atas.


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Nonton Celine Dion di Caesars Palace
  2. London, Inggris; Oxford, Potret Inggris Seutuhnya
  3. Nevada; Menikmati Pesona Batu Gosong
  4. Le Meridien, Prancis; Kenyaman Di Tengah Keindahan
  5. Cari Barang Murah? Ke Bangkok Yuk
  6. Cape Town, Afsel; Perjalanan Romantis Sepanjang Pantai
  7. Korea Selatan; Menengok Masa Lalu Negeri Ginseng
  8. Berlatihlah Jadi Mayat, Untuk Buang Sial
  9. Inilah 5 Alasan Kalau Traveling ke Jepang Sendirian Aja Deh
  10. Milan Italia; Kota Para Turis