Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sulawesi Utara atau yang lebih di kenal dengan nama Nyiur Melambai, terkenal dengan keramahan penduduknya yang kemudian di sebut sebagai smiling people. Areal sebesar 27.515 hektar terletak di antara 0°30 – 4°30 NL dan 121°– 127° EL ini terdiri dari daerah Manado, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Tomohon, Bitung, Bolaang Mongondow, Sangihe dan Talaud.

Propinsi beribukota Manado ini terkenal dengan kesuburan tanahnya, pusat berbagai macam tanaman hias, tumbuhan komoditi masyarakat semacam sayuran dan buahan juga berbagai macam fauna yang hidup terpelihara dalam taman nasional yang ternaungi hijaunya daun kelapa dan harumnya daun cengkeh. Sulawesi utara terkenal dengan produksi kopra di samping cengkeh, pala dan kekayaan alamnya.

Beberapa tempat yang bisa menjadi destinasi anda adalah Kuil Ban Hin Kiong yang dibangun pada abad ke XIX diakui sebagai kuil tertua di Indonesia Timur, kerajinan tangan Kawanua, toko-toko souvenir, Manado Hill Top (puncak Manado), dan Manado Boulevard.

Sementara untuk kawasan laut anda bakal disuguhi keindahan Taman Laut Bunaken dengan terumbu karangnya serta berbagai macam spesies ikan. Bunaken adalah surga bagi kaum pencinta olah raga bawah laut atau menyelam. Perjalanan ke Pulau Bunaken bisa dilakukan dengan perahu bermotor selama 45 menit dari Pelabuhan Manado. Selama perjalanan anda akan menikmati suasana laut yang indah dengan barisan karang yang berwarna – warni dihiasi ribuan macam spesies ikan karang serta biota laut lainnya.

Destinasi selanjutnya adalah Minahasa yang diakui merupakan kombinasi antara wisata pemandangan yang indah, sejarah, budaya dengan udara segar dan panorama alam pegunungan. Bila anda akan ke Kota Tomohon, anda akan melewat Desa Tinoor dengan pemandangan Kota Manado. Kota Tomohon merupakan kota sejuk, terkenal dengan berbagai macam bunga, gunung berapi yang masih aktif, keramahan penduduknya, pasar tradisionnal yang menjual berbagai macam sayuran dan makan khas Minahasa.

Sempatkan singgah ke Desa Woloan, kawasan industri rumah panggung khas Minahasa yang terkenal di manca negara. Bukit Temboan, dari sini anda bisa melihat kebun tanaman sayuran yang tertata rapih, Pelabuhan Bitung serta tak kalah menariknya adalah Danau Tondano dengan hamparan sawah di sekelilingnya. Luangkan waktu untuk mengunjungi Desa Pulutan yang menghasilkan keramik khas Minahasa yang di buat dengan cara tradisional.

Sebelum kembali ke kota ada baiknya mengunjungi Bukit Kasih, Kanonang yang merupakan perpaduan antara nilai sejarah minahasa, agama, dan alam akan membawa kita untuk lebih tertarik lagi mendalami asal usul suku Minahasa.

Tangkoko adalah kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah, terletak di Kota Bitung. Dari hutan ini anda bisa melihat perpaduan antara laut dan alam pegunungan. Untuk menjelajahi hutan anda akan di pandu oleh penjaga hutan yang terlatih dan kemungkinan besar anda akan bertemu hewan khas Sulawesi seperti anoa, burung moleo, burung taon, yaki, ular, kus-kus, babi hutan dan ada yang paling eksotis dan menarik untuk di lihat yaitu ‚ tarsius spektrum’ monyet yang terkecil di dunia dengan matanya yang sangat menarik.

Danau Linow merupakan danau belerang dan permukaan airnya bisa berganti warna manakala anda menyaksikannya di waktu siang hari. Bila anda penyuka tantangan, anda bisa trekking mengunjungi Gunung Mahawu dan Gunung Lokon. Perjalanan ini mengantarkan anda pada lanskap indah pegunungan dan kesejukan belaian angin. So, siapkan stamina dan waktu juga dana tentunya untuk destinasi liburan anda berikutnya di Manado.


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. TNGH Cikaniki; Memantau Ke-elokan Flora dan Fauna
  2. TNMB, Banyuwangi; Taman Nasional Penuh Pesona
  3. Inilah Oleh-oleh Nikmat dari Padang – Sumbar ! Teh Kawa / Kopi Kawa
  4. Bangka Belitung; Mercusuar Tj Kelian Jendela Pantai Bangka
  5. Talaud, Sulsel; Wisata Pedesaan Di Timur Indonesia
  6. Kebun Wisata Pasirmukti; Back To Nature
  7. Wisata Megalit, Minahasa; Meneliti Batu-batu Eksotik
  8. Pontianak, Kalbar; Menyusuri Jejak Kesultanan Sambas
  9. Padang Panjang, Sumbar; Berburu Indahnya Kain Songket
  10. Pulau Umang, Banten; Pulang Kecil nan Cantik