Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

La Tour Eiffel atau menara Eifel adalah bangunan yang paling menonjol di kota Paris terdapat dilapangan Champ de Mars disisi sungai Seine dan dikenal sebagai simbol negara Perancis. Menara Eiffel dibangun sebagai gerbang l’Exposition Universelle 1889, sebuah World’s Fair yang bertepatan dengan 100 tahun Revolusi Perancis. Pembangunan menara dimulai tahun 1887, diresmikan 31 Maret 1889 dan dibuka untuk umum pada 6 Mei. Namanya diambil dari nama perancangnya, Alexandre Gustave Eiffel.

Menara ini memiliki ketinggian 300 meter dengan struktur baja sekitar 7.300 ton. Angin dapat menyebabkan menara ini bergoyang sebanyak 6-7 cm dan panas dapat menyebabkan puncak menara menjauh hingga 18 cm dari matahari. Diatasnya terdapat antena televisi setinggi 24 m. Menara Eiffel memegang rekor bangunan tertinggi selama 40 tahun.

Tiga ratus para pekerja, bekerja sama menyusun 18,038 potongan baja, menggunakan dua setengah juta paku klem yang sebelumnya telah didesain oleh Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan pada masa konstruksi sangat besar. Pengerjaannya yang sangat berbahaya lantaran struktur bangunan sendiri bisa diatasi oleh Gustave Eiffel dengan tidakan pencegahan/pengamanan ketat dan hanya memakan korban 1 orang.Ketika menara ini mulai dikerjakan, banyak orang yang terkejut dan mengkritik, bahwa bangunan ini terlalu berani, coba-coba dan tidak berseni. Ditambah lagi kritik yang dialamatkan kepada Gustave Eiffel yang dikenal sebagai seorang insinyur jembatan, katanya tidak memahami aerodinamika angin yang akan menerpa menara itu.

Sejak permulaan abad 20, menara telah digunakan untuk siaran radio (sampai sekarang masih ada dekat tiang selatan). Paris Observatorium (20 Nopember 1913) menempatkan suatu antena di Eiffel Tower yang berkomunikasi dengan United States Naval Observatory di Arlington, Virginia USA.Kini, Selain sebagai ikon Paris, juga menjadi tempat kunjungan utama para turis.


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. London, Inggris; Objek Wisata Serba Ada
  2. Mau Wisata Irit di Singapura Pergi aja Ke 5 Tempat Berikut
  3. Beijing, China; Pesona yang Mengejutkan
  4. Ameland, Belanda; Tawarkan Ketenangan dan Kedamaian
  5. Inilah Panduan Lengkap Liburan Ke Singapura
  6. Brisbane Kota Indah Di Queensland
  7. Pompei, Italia; Kota Tujuan Wisata Bangsa Romawi
  8. Weimar, Jerman; Kota Cikal Bakal Negara Jerman
  9. Patong Beach; Pantai Indah di Phuket Island.
  10. Antalya,Turki; Nikmati Mandi Hamam Nan Unik