Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

New Orleans mempunyai bahasa unik, bahasa Inggris dengan banyak kata diserap dari bahasa Perancis, Spanyol, dan Afrika. Di antara komunitas–komunitas di Amerika Serikat (AS), New Orleans (NO)–lah kota paling menarik dengan berbagai karakter yang tidak dipunyai kota lain. Di NO kehidupan layaknya berada pada dua abad lalu, berada pada suasana kehidupan tua Perancis dan Spanyol. Pada saat yang sama, di sana terdapat pula bangunan modern.

Didirikan tahun 1717 oleh Jean Baptiste LeMoyne, Sieur de Bienville, permukiman pertama berada sekitar Bayou (creek atau teluk kecil yang terbentuk dari belokan sungai) Saint John. Pembangunan kota berjalan tahun 1721 dengan kawasan seluas 11 blok kali 6 blok. Kawasan asli itu dikenal dengan penduduk berbahasa Perancisnya dan disebut kawasan Vieux Carre atau French Quarter (FQ). Di situ terdapat pula French Market.

FQ adalah jantung kota tua NO. Di sana ditemukan percampuran keindahan masa lalu, sejarah, dan romansa. Jalan–jalannya tidak lebar, bangunannya saling berdekatan dan merupakan bangunan tua dengan bentuk atap beraneka serta balkon berteralis besi, dan arsitektur percampuran Spanyol dan Perancis yang disebut Creole, berasal dari bahasa Spanyol criollo.

Istilah itu teraplikasikan pada berbagai hal seperti makanan, sayuran, arsitektur, juga bagi keturunan pemukim Spanyol atau Perancis di situ. Wisatawan dapat mengeksplorasi kawasan itu dengan berjalan kaki; naik kereta kuda; naik streetcar, yaitu trem tunggal yang melalui rel; atau trem yang melalui jalan biasa. Yang terakhir ini rodanya memakai ban karet.

Rumah–rumah di FQ berfungsi sebagai tempat pertunjukan, restoran, kafe, bar, penginapan, toko cenderamata, dan fasilitas wisata lainnya. Banyak restoran dan hotel mempunyai patio cantik dan nyaman sebagai ruang makan di udara terbuka. Rumah–rumahnya berciri yang disebut the lace balconies, yaitu balkonnya diberi pagar besi yang cantik menyerupai renda–renda, dengan desain rumit kombinasi daun oak dan acorns.

Sebagai tempat berasalnya musik jazz, beberapa rumah mempertunjukkan musik tradisional Jazz Dixieland, salah satunya dipertunjukkan di Maison Bourbon. Anak–anak boleh menonton, tidak ada minuman atau makanan dijual di pertunjukan itu. Bahkan di jalan–jalan akan mudah ditemui pemain jazz mempertunjukkan kebolehannya.

Pertunjukan lain di jalan ialah akrobat, sulap, juga orang yang mengecat sekujur tubuhnya sebagai ”patung putih” dan berdiri di jalan menerima uang dari wisatawan. Tentu saja sebagai ”patung” dia harus menahan diri untuk tidak bergerak–gerak. Pusat FQ ialah Jackson Square, di tepi Sungai Mississippi, merupakan taman nyaman yang dibangun tahun 1721, pertama kali disebut Place d’Armes. Bagian tengah taman didominasi patung Jenderal Andrew Jackson duduk di atas kuda karya pematung terkenal Clark Mills.

Berhadapan dengan Jackson Square ialah Katedral Saint Louis, katedral tertua di AS, namun merupakan gereja ketiga yang didirikan di kawasan itu. Dekat katedral terdapat bangunan Cabildo, tempat pemerintah tua kolonial Spanyol berada. Di situ dilakukan perjanjian transfer koloni Louisiana dari Spanyol ke Perancis, dan kemudian dengan perjanjian Louisiana Purchase ditransfer dari Perancis ke AS.

Louisiana Superdome ialah stadion tertutup dengan kubah besi terbesar di dunia. Bentangannya 680 kaki (sekitar 207 meter), luas lantai arena 410 kaki persegi, tinggi 273 kaki (sekitar 83 meter) di bagian tengahnya atau setara dengan 27 lantai bangunan, berada di downtown NO. Stadion ini dirancang untuk pertandingan olahraga, hiburan, kegiatan budaya, konvensi, dan pameran perdagangan.

Bangunan tanpa jendela itu mempunyai pengontrol suhu yang dihasilkan 9.000 ton peralatan pendingin ruang yang terkomputerisasi. Ruangnya yang luas dilengkapi tempat duduk, pencahayaan yang dramatis, dan sistem tata suara yang sanggup memberi akurasi suara yang baik ke setiap tempat, baik pertunjukan opera maupun reportase pertandingan football.

Lake Pontchartrain Causeway ialah jembatan terpanjang di dunia (sekitar 46 kilometer), menghubungkan NO dengan daerah di utaranya, merupakan bagian dari Greater New Orleans Expressway System. Ini salah satu jembatan teraman di dunia. Setelah melalui jembatan itu sepanjang sekitar 13 kilometer, maka sejauh mata memandang, daratan sudah tidak tampak dari pandangan. Hanya air danau yang terlihat. (rn)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 10 Hal Gratis di Paris
  2. Melancong ke Tai O
  3. Mau Traveling Sendirian? Kunjungi Saja Negara – Negara Ini
  4. Wisata Murah Keluar Negeri Yuk
  5. Lucerne, Swiss; Desa Nelayan yang Mempesona
  6. Inilah 8 Obyek Wisata di Singapura Yang Wajib di Kunjungi
  7. Gold Coast; Ikon Pariwisata Queensland
  8. Brisbane Kota Indah Di Queensland
  9. Abu Dhabi,UEA; Surga Baru Pehobi Belanja
  10. Mau Liburan Ke Milan? Inilah 13 Hal yang Bisa Dinikmati Secara Gratis di Milan