Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sumbawa terletak diantara pulau Lombok dan Flores, termasuk dalam propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota-kota besar di wilayah ini adalah Sumbawa Besar dan Bima. Sumbawa dikelilingi banyak teluk, seperti Teluk Saleh, Dompu, Bima dan Woworanda. Sebelah utara Teluk Saleh terdapat Semenanjung Sanggar sepanjang 75 km dan lebar 30 km. Dunia mengenal Sumbawa karena keelokan wisatanya. Putri Diana semasa hidupnya pernah mengunjungi Sumbawa,  lokasi yang dikunjunginya adalah Pulau Moyo.

Pulau Moyo terletak 15 kilometer dari tepi utara pulau Sumbawa. Areal seluas 31.500 hektar ini lebih dikenal sebagai taman burung. Hal lain yang membuat Sumbawa terkenal adalah letusan dahsyat Gunung Tambora tahun 1815 yang membuat kawasan ini menjadi obyek penelitian vulkanologi, geologi dan keanekaragaman hayati.

Terdapat dua kerajaan besar dan terkenal di wilayah ini, yaitu  Sumbawa Besar. Istana yang  masih kokoh dan berusia sekitar 115 tahun ini terbuat dari kayu tahun 1815 dan disebut Dalem Loka. Bangunan ini ditunjang tiang-tiang dengan gaya tradisional dan dihiasi pahatan-pahatan yang tidak lazim. Kerajaan kedua terdapat di Bima yang menyimpan koleksi yang luar biasa indahnya, seperti mahkota kerajaan, keris-keris dengan emas bertakhtakan permata ditambah gagangnya yang terbuat dari gading. Jika anda ingin melihat koleksi tersebut, tentunya harus menghubungi pemda setempat terlebih dahulu. Selain itu Danau Taliwang yang berada di Sumbawa Barat juga menarik untuk dikunjungi dengan makanan yang khas, seperti ayam taliwang yang rasanya pedas dan mantap rasanya. Temukan juga sentra pembuatan tenunan tradisional Sumbawa yang mempunyai corak dan warna yang khas.

Obyek wisata lainnya adalah Pantai Maluk yang tak kalah dengan pantai Kuta dan Sanur di Bali. Pantai ini juga mudah dijangkau dari ibukota NTB, Mataram. Dari sini anda bisa melihat keindahan Teluk Maluk yang ombaknya kerap dijadikan arena berselancar. Tak heran apabila peselancar kelas dunia senantiasa mengagendakan kegiatan di Pantai Maluk.

Pulau Komodo masih dalam areal Pulau Sumbawa merupakan Kawasan Taman Nasional (KTN) Komodo dengan luas areal meliputi 173.300 hektar. Di KTN ini terdapat tiga pulau besar yaitu Komodo (33.937 ha), Rinca (19.625 ha) dan Padar (2.017 ha) ditambah beberapa pulau kecil lainnya. Pulau Komodo paling bergelombang dengan ketinggian puncaknya mencapai 735 m di Gunung Ara. Untuk mencapai pulau ini dapat melalui Labuan Bojo Flores

Jika anda berminat melihat komodi di KTN, anda harus berangkat berkelompok/ tim dan setiap tim dibimbing satu atau dua orang petugas taman nasional. Saat berjalan-jalan di dalam KTN anda harus tetap bersama-sama dengan tim anda. Sepanjang perjalanan di kawasan ini anda akan menjumpai peringatan hilangnya seseorang. Beberapa tahun silam seorang wisatawan manca negara hilang karena berjalan-jalan sendirian di Taman Komodo. Komodo merupakan predator paling tinggi di pulau ini, makanan sehari-harinya adalah kambing, rusa dan kuda.

Salah satu pulau yang masih termasuk KTN Komodo adalah Pulau Rinca, berbeda dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca jarang dikunjungi wisatawan. Di pulau ini populasi komodo tidak sebanyak di Pulau Komodo, tapi komodo di daerah ini lebih agresif karena jarang melihat manusia. Selain komodo, di pulau ini juga terdapat kuda dan kerbau yang hidup liar di habitatnya.

Sesekali menciptakan liburan yang berbeda rasaya sah-sah saja. So, jadikan Sumbawa sebagai destinasi anda selanjutnya. Go, girls… (ee)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Jeram Serayu Wonosobo; Semakin Diminati
  2. Gunung Batur, Bali; Nuansa Lain Wisata Pegunungan
  3. P. Sumba, NTT; Nikmati Panorama Kontras yang Unik
  4. Bedugul, Bali; Suasana Lain Pariwisata Bali
  5. Pulau Kakaban; Gemerlap Cahaya di Tengah Danau
  6. Imogiri, Jogjakarta: Wisata Sambil Ziarah
  7. Siak; Keindahan Danaunya Bagai Permata Zamrud
  8. Rawa Belong; Wisata Mata dan Lidah
  9. G. Rinjani, Lombok; Pesona Ekowisata yang Menantang
  10. Carstensz Pyramide, Papua; ‘Sulitnya’ Menggapai Atap Indonesia