Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Negeri seluas 510.000 km ini berbatasan dengan beberapa negara seperti Myanmar, Laos, Kamboja dan Malaysia. Thailand memiliki iklim tropis dengan musim semi dari Maret sampai Mei, musim hujan di Juni sampai September, dan musim dingin dari Oktober sampai Februari. Buddha Theravada adalah agama yang dianut lebih dari 90% penduduk Thai yang religius. Namun demikian Thailand sangat mendukung kebebasan beragama. Bahasa Inggris dipahami luas di tempat-tempat utama seperti Bangkok yang juga menjadi bahasa bisnis resmi di sana. Satu keunikan adalah adanya kemiripan dengan bahasa Indonesia yang berasal dari Sansekerta, seperti ‘putra’, ‘putri’, ‘suami’, ‘istri’, ‘singa’, ‘anggur’, dan sebagainya. Selain itu, biro penerjemahan juga banyak tersedia, baik untuk bahasa Thai, Inggris dan Indonesia.

Bandara Internasional Don Muang di Bangkok terhubung dengan berbagai penerbangan dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, ada juga bandara internasional di Phuket, Hat Yai dan Chiang Mai di utara Thailand. Sementara kereta api tersedia dari Singapura dan Kuala Lumpur dan beberapa sarana transportasi laut ke Thailand, seperti Cruise Ship Star Virgo yang singgah di Phuket. Transportasi umum di Bangkok antara lain BTS Skytrain, kereta bawah tanah, bis, taksi dan tuk-tuk. Di sungai Chao Phraya, juga banyak terdapat taksi sungai atau perahu, khusus untuk wisatawan dilengkapi pemandu berbahasa Inggris. Tak ada salahnya bersikap sedikit waspada, jika ada pengemudi taksi atau tuk-tuk yang mengajak ke suatu tempat tertentu. Tolaklah dengan tegas, katakan “No, thanks”. Kalau perlu ganti kendaraan.

Banyak alasan anda menetapkan Thailand sebagai destinasi liburan, di antaranya karena anda bakal jadi raja di negeri gajah putih ini. Thailand sangat menghargai wisatawan. Selain itu, biaya hidup di Thailand lebih murah daripada Indonesia hingga 30-50% daripada Jakarta. Thailand juga menyajikan sebuah pemandangan kontras berupa paduan Budaya Tradisional dengan Modern Kontemporer, seperti keunikan budaya tradisional dalam ruang berstandar internasional serta menikmati citarasa kerajaan masa lalu di restoran modern di atap pencakar langit.

Thailand juga menawarkan wisata belanja yang tiada banding, mulai dari pasar grosir Bo Bae dan Pratunam, mal favorit turis Indonesia MAHBUNGKRONG (MBK), pasar malam Suan Lum, pasar terbesar Asia Chatuchak yang murah meriah, sampai ke King Duty Free dengan barang bermerek yang lebih murah daripada duty free lain, Siam Paragon yang megah dan super lengkap, sampai ke mal-mal khusus seperti Siam Square yang pernah masuk ke Majalah Vogue.

Tak kurang wisata alamnya yang kerap menjadi latar belakang film terkenal, seperti Phi Phi Island  (The Beach-nya Leonardo DiCaprio), James Bond Island, pantai terkenal seperti Pattaya dan Phuket, pantai yang tenang dan romantis (Samui, Ko Chang, Ko Lanta, Krabi). Ketenangan yang damai di gunung dapat anda peroleh di Chiang Mai, Keindahan hutan belantara Chiang Rai di perbatasan Myanmar-Laos (Golden Triangle) serta kecantikan masa lalu Ayuttaya yang dilindungi UNESCO.

Negeri ini juga terkenal dengan citrasa masakannya. Bukan Cuma Tom Yam Goong, masih ada Chiang Mai khas Utara, dan sebagainya. Jika kunjungan anda lumayan lama, ada banyak ilmu yang bisa anda dapatkan, seperti belajar seni memasak/kuliner, membuat sutra, patung, keramik, pijat ala Thai, fotografi, meditasi, yoga dan sebagainya. Satu hal yang wajib dicoba ketika anda berada di Thailand adalah pijat ala Thai atau Thai massage. Bisa seluruh badan, bisa juga hanya kaki, cocok untuk pria maupun wanita, dan harganya terjangkau. Wat Pho merupakan pusat dari ajaran pijat ini dan sangat terkenal. Spa yang menyediakan ramuan obat-obatan khusus, digabung dengan kehalusan spiritual yang memberi ketenangan dan rileksasi optimal bagi jiwa dan raga juga bisa anda temukan. Tur medis negara ini terkenal karena kualitas dan fasilitas kesehatannya yang berstandar internasional. Banyak wisatawan mengadakan paket tur medis dan menggabungkan dengan olah raga golf atau bersantai di resor pantai. Jadi, pengobatan tak harus menyakitkan kan?

Bagi yang berjiwa petualang, anda bisa menjelajah hutan dan pegunungan dengan gajah, rafting, rock climbing, melihat dari dekat “Golden Triangle” (dahulu pusat perdagangan opium), bertemu dengan suku-suku gunung dan pedalaman, sampai menyelam ke dasar laut di pantai-pantai terindah di dunia.

Thailand merupakan pintu gerbang ke Greater Mekong, yaitu Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar, dan China Selatan (Propinsi Yunnan). Anda dapat dengan mudah memesan tur dari Bangkok atau Chiang Mai dengan sekali program melintasi dua atau tiga negara. Selain pesawat, anda bisa naik kapal pesiar menuju Jinghong di Propinsi Yunnan (China) atau menyeberang lewat daratan ke Myanmar melalui kota Mae Sai di Propinsi Chiang Rai, Thailand (dekat Golden Triangle) bisa juga ke Luang Prabang di Laos dengan kapal sampan.

Festival melepas “kratong” (kapal apung) dari daun pisang berhiaskan bunga, lilin dan dupa wang diadakan tiap malam purnama bulan kedua belas penanggalan bulan terasa sangat cantik dan romantis. Sempatkan pula mampir ke Chiang Mai Zoo untuk menyaksikan tingkah lucu Panda Chuang Chuang dan Yin Hui.

Pattaya, merupakan resor pantai terlengkap di Asia Tenggara yang menyediakan aneka hiburan pantai untuk bersantai hingga olahraga air. Beberapa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi di Pattaya di antaranya Pattaya Beach, pantai berpagar tanaman tropis; Sriracha Tiger Zoo, dengan lebih dari 200 macan Bengali dan 100.000 buaya. Anak-anak dapat berkenalan langsung dengan unta, rusa, wallabies, gajah, Peruvian guinea pigs, burung unta dan khususnya bayi macan yang lahir di sini; Alangkarn, pertunjukan Extravaganza ala Las Vegas; Jomtien Beach, pantai yang populer untuk selancar angin dan olahraga air; Ko Lan, pulau dengan pantai-pantai berpasir putih  seperti Hat Ta Waen, Hat Laem Thian dan Hat Thong Long, tempat snorkeling atau menyaksian batuan karang dengan kapal berdasar kaca; Khao Pattaya, bukit kecil dengan pemandangan kota Pattaya dan Pattaya Bay; Suan Nong Nooch Tropical Garden, taman cantik dengan kebun botani, air terjun, taman anggrek dan taman kaktus; Underwater World Pattaya, akuarium laut terbesar di Asia; Million Years Stone Park dan Pattaya Crocodile Farm, yang jadi favorit wisatawan; Mini Siam, kota miniatur tempat pemujaan, sisa budaya dan lokasi yang terkenal di Thailand; Elephant Village, kamp gajah dengan gajah-gajah yang sedang bekerja dan bermain.

Sensasi Thailand sebagai kota eksotis memang tak perlu diragukan lagi.Tidak percaya? Buktikan dengan jadwal destinasi anda ke Negeri Gajah Putih ini. So,  see you there girls…(ee)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Turki: Negeri Ribuan Kubah
  2. Kota Tua Fremantle; Menjual Wisata Air dan Cagar Budaya
  3. Makassar;Wisata Komplit dari Bahari, Budaya hingga Sejarah
  4. Jerman; Romantisme Tembok Berlin
  5. Keunikan HaNoi
  6. Wisata Bunuh Diri, Mau Coba?
  7. Mau Liburan Ke Milan? Inilah 13 Hal yang Bisa Dinikmati Secara Gratis di Milan
  8. Cape Town, Afsel; Perjalanan Romantis Sepanjang Pantai
  9. Cheju Island, Korsel; Tawarkan Beragam Pesona
  10. Monaco; Kota Wisata Kaum Jet Set